Home » Manfaat Dan Tips Penilaian kinerja Karyawan Pada Perusahaan

Manfaat Dan Tips Penilaian kinerja Karyawan Pada Perusahaan

Kinerja merupakan hasil kerja dari keseluruhan proses seseorang karyawan dalam mengerjakan tugasnya. Sedangkan penilaian kinerja merupakan suatu sistem formal dan terstruktur yang mengukur, menilai dan juga mempengaruhi sifat-sifat yang berkaitan dengan pekerjaan, perilaku dan hasil termasuk tingkat ketidakhadiran. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa produktifkah seorang karyawan dan apakah kinerjanya sama atau lebih efektif kedepannya.

Mengingat karyawan adalah aset penting dalam suatu perusahaan, penilaian kerja adalah sebuah hal yang wajib untuk dilakukan. Karyawan yang baik dan mau memberikan kontribusi yang positif tentunya adalah impian dari sebuah perusahaan. Lalu bagaimanakah tips melakukan penilaian kerja karyawan?

Manfaat Adanya Penilaian kinerja Pada Karyawan

Manfaat penilaian kerja karyawan tidak hanya dapat dirasakan oleh pihak perusahaan  tapi juga bagi karyawan itu sendiri. adapun manfaat yang dapat dirasakan oleh karyawan dari penilaian ini adalah :

  • Meningkatkan motivasi kerja karyawan
  • Dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan dari dirinya serta menjadi landasan untuknya memperbaiki kelemahan dan meningkatkan kelebihan diri.
  • Terjadinya komunikasi yang baik antara atasan dengan karyawannya serta terjalinnya hubungan baik dari kedua pihak.

Tips Penilaian kinerja Karyawan Di Perusahaan

Penilaian kerja karyawan dilakukan setahun sekali untuk melihat kualitasnya demi membangun perusahaan. Cara yang paling baik dalam penilaian kerja karyawan adalah dengan cara berpikir  rasional, bukan dengan perasaan karena tidak efektif. Jangan hanya karena tidak menyukai salah satu karyawan lalu karyawan tersebut diberi nilai buruk. Padahal karyawan tersebut telah bekerja dengan baik. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan dalam penilaian kinerja karyawan:

  1. Mengumpulkan Data Karyawan

Jika ingin melakukan penilaian kerja karyawan, pertama kumpulkan data-data terkait karyawan tersebut. Data-data tersebut dapat berupa laporan hasil pekerjaan, catatan tentang perilaku karyawan , atau hasil bimbingan terakhir dari divisi HR terhadap  karyawan. Jangka waktu penilaian kerja tidak boleh terlalu lama dan tidak boleh juga terlalu cepat. penilaian kinerja dapat dilakukan setiap enam bulan ataupun setiap tahun sekali .

  1. Membuat Sistem  Penilaian Terstruktur

Dari data yang dikumpulkan sebelumnya dapat dijadikan landasan dalam menilai dan memberikan umpan balik. Dimana yang dinilai dalam hal ini pun harus jelas dan telah disepakati sebelumnya dengan karyawan. Buatlah draf penilaian sementara dan yang menjadi fokus adalah mengetahui seberapa produktifkah karyawan tersebut. Contohnya seperti, jika karyawan tersebut seorang marketing, maka yang dinilai yaitu dari berapa banyak produk yang ia jual.

  1. Diskusi Langsung Dengan Karyawan

Setelah penilaian selesai, Anda bisa mendiskusikan hasil penilaian dengan karyawan. Dalam diskusi ini, karyawan harus tahu alasan mengapa penilai memberikan penilaian tersebut kepadanya. Jika nilainya buruk, sampaikanlah dengan kalimat yang baik dan tidak menyinggung perasaannya. Tanyakan dan berikan waktu bagi karyawan tersebut membela diri dan mengatakan alasan mengapa kinerjanya buruk.

  1. Berikan Kritik, Saran Serta Bonus Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan

Tujuan utama dari penilaian kerja ini adalah agar karyawan dapat mengetahui kelebihan dan kelemahannya serta memperbaiki kelemahan dan meningkatkan kelebihannya. Selain itu, penilaian ini juga bertujuan agar karyawan dapat mengetahui standar hasil yang ditetapkan perusahaan. Setelah proses penilaian, yang penting adalah aksi. Berikan saran dan kritik yang membangun kepada karyawan serta berikan bonus jika nilainya bagus. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan produktivitas kerja karyawan tersebut.

Dari tips penilaian kinerja karyawan yang telah dijelaskan diatas mungkin agak merepotkan, karena penilai harus mengumpulkan data-data karyawan terlebih dahulu. Selain itu penilaian secara manual tersebut juga menghabiskan waktu. Untuk memudahkan pekerjaan Anda terutama seorang HR, gunakanlah jasa aplikasi gaji.id . Aplikasi ini dapat mempermudah segala pekerjaan yang bersifat administratif seperti penilaian kerja, absen, gaji, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *