Home » Manfaat Penggunaan Absensi Online Yang Bisa Didapat Perusahaan

Manfaat Penggunaan Absensi Online Yang Bisa Didapat Perusahaan

Sistem absensi fingerprint, saat ini mulai tergantikan dengan sistem absensi berbasis online. Hal tersebut dikarenakan absen berbasis online dinilai lebih memberikan manfaat bagi perusahaan. Berikut manfaat ketika perusahaan mengaplikasikan absensi online bagi karyawannya :

1. Proses Rekapitulasi Jadi Lebih Mudah

Karena sudah berbasis online, sistem absensi seperti ini tentu akan memudahkan rekapitulasi data. Dari mulai kehadiran, ketidakhadiran, maupun keterlambatan semua dapat langsung tercatat dengan jelas. Proses ini pun dapat berjalan dengan cepat tanpa harus melakukan pemindahan data secara manual. Selain itu sistem online pasti sudah terintegrasi dengan data lainnya.

Hal ini memungkinkan ketika sebuah data diubah, maka otomatis akan merubah data lainnya juga. Semua kemudahan ini akan meringankan pekerjaan pihak HRD. Mereka tidak akan kehilangan banyak waktu hanya untuk melakukan pendataan secara manual. Waktu mereka yang lain bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal yang lebih produktif lainnya.

2. Mengurangi Kecurangan

Sistem absensi online, memungkinkan hanya karyawan bersangkutan yang dapat mengakses akunnya sendiri. Seluruh data dari absen sistem online akan diolah langsung secara realtime. Hal tersebut tentu saja dapat meminimalisir adanya kecurangan yang bisa saja terjadi.

Misalnya yang biasa dilakukan karyawan adalah titip absen. Dengan sistem online, seorang karyawan hanya bisa mengakses data dari akunnya sendiri. Masing-masing tidak akan bisa lagi dapat dengan bebas mengutak-atik akun milik rekannya. Sehingga titip absen sudah tidak mungkin bisa dilakukan lagi.

3. Perhitungan Jam Kerja Lebih Akurat

Penggunaan absensi secara online ini memungkinkan waktu yang dipakai akan sinkron dengan waktu sebenarnya terjadi. Hal ini tentunya akan berdampak pada perhitungan jam kerja. Jam kerja karyawan bisa terhitung secara lebih akurat.

Karyawan tidak bisa mengelak ataupun protes masalah keterlambatan jam kerja. Jam pulang dan jam masuk, semua akan berjalan tepat waktu sesuai yang terekam pada data. Hal ini pasti sangat dibutuhkan terutama untuk perusahaan yang menerapkan kebijakan gaji berdasarkan jam keterlambatan.

4. Lebih Hemat

Salah satu sistem absensi yang konvensional adalah memakai fingerprint. Dengan mengandalkan alat ini, tentu saja perusahaan lebih banyak mengeluarkan dana. Seperti biaya kebutuhan teknisi untuk merawat dan memperbaiki perangkat finger print yang rusak. Apalagi jika perusahaan sudah punya banyak cabang di berbagai tempat.

Akan sangat mahal biayanya untuk menyediakan fingerprint setiap kantor cabang plus biaya perawatan dan perbaikannya. Lain halnya ketika memakai absensi sistem online, perusahaan hanya butuh komputer serta koneksi internet yang keduanya pasti sudah dimiliki. Apalagi sistem online ini akan membuat karyawan bisa mengakses absensi langsung dari smartphone mereka sendiri.

Hal tersebut tentu saja akan menghemat biaya pengadaan perangkat bagi perusahaan. Selain itu, dengan sistem online, perusahaan otomatis akan dapat mengurangi penggunaan kertas. Apalagi sudah tidak butuh lagi peralatan lain, misalnya pena, mesin cetak, dan lain-lain. Biaya perlengkapan perusahaan bisa saja turun drastis.

5. Meningkatnya Kinerja Karyawan

Pada sebuah perusahaan, tentunya tidak semua karyawan bekerja di kantor. Sebagian ada yang harus bekerja di lapangan. Maka setiap mereka ingin melakukan absensi, jika perusahaan masih memakai sistem manual mereka harus mampir dulu ke kantor. Hal ini tentu akan sangat kurang efisien.

Dengan perusahaan menggunakan sistem absen online, semua karyawan yang bertugas di luar kantor tak perlu lagi untuk absen manual.  Mereka dapat melakukan absen di tempat kerja lain misalnya di lapangan. Waktu mereka yang tersisa digunakan untuk bekerja sehingga dapat lebih produktif.

Itulah beberapa manfaat dari perusahaan yang menggunakan sistem absensi online. Absensi dengan sistem seperti ini lebih menguntungkan dibanding sistem manual atau fingerprint. Jadi jika perusahaan mau lebih efisien, sebaiknya terapkan sistem absensi model ini.

Jika masih bingung memilih aplikasi untuk memudahkan penggunaan sistem online, gaji.id bisa menjadi solusi. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi payroll online yang juga mampu membantu mengaplikasikan sistem absensi online. Jika ingin tahu lebih banyak, bisa langsung akses ke website gaji.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *