Home » Manfaat Penggunaan E Absensi Bagi Karyawan Untuk Perusahaan

Manfaat Penggunaan E Absensi Bagi Karyawan Untuk Perusahaan

Beberapa perusahaan mungkin masih menggunakan mesin fingerprint sebagai media absensi untuk karyawannya. Namun, cara ini sudah mulai ditinggalkan. Oleh karena masih adanya celah kecurangan yang bisa dilakukan oleh karyawan. Perusahaan beralih pada penggunaan absensi elektronik. Berikut manfaat penggunaan e absensi atau absensi elektronik.

1. Mengurangi Biaya Penggunaan Mesin Fingerprint Dan Lebih Hemat

Penggunaan absensi elektronik akan sangat membantu terutama dalam hal penghematan. Bayangkan saja, seandainya perusahaan memiliki beberapa kantor cabang, otomatis mesin fingerprint yang harus disediakan juga banyak. Dengan absensi elektronik, hanya butuh smartphone dan itu pun milik karyawan sendiri sehingga jelas lebih hemat.

2. Mempermudah Menilai Kinerja Karyawan

E absensi dapat memberikan data real time seputar kegiatan karyawan seperti jam datang serta pulang kerja. Data ini bermanfaat bagi perusahaan terutama untuk menilai kinerja karyawan. Oleh karena sifatnya online, perusahaan dapat secara langsung melihat data tersebut walaupun karyawan tidak bekerja di kantor (lapangan).

Data tersebut akan secara otomatis tercacat dalam database kantor. Sehingga tidak perlu lagi melakukan rekap absensi karyawan secara manual. Apalagi akan sangat merepotkan jika harus merekap data karyawan yang bekerja di lapangan. Sangat praktis dan tentu sangat akurat.

3. Membuat Karyawan Menjadi Lebih Produktif

Menggunakan absensi elektronik ini akan membuat karyawan lebih bekerja disiplin dan tepat waktu. Secara tidak langsung, karyawan akan bekerja lebih cepat sehingga hasil pekerjaan juga bisa lebih banyak dari biasanya. Hal ini terjadi karena karyawan memilih untuk dapat segera menyelesaikan pekerjaannya agar cepat pulang ke rumah.

4. Memudahkan Pemantauan Secara Realtime

Absensi online bekerja dengan terkoneksi internet. Hal ini memudahkan perusahaan untuk memantau aktivitas karyawan (absensi) secara real time. Selain itu, absensi online tidak perlu alat khusus seperti fingerprint misalnya. Jadi tidak perlu lagi harus memindahkan data dari perangkat ke computer untuk sekedar melihat data absensi.

Dengan begini sinkronisasi data menjadi lebih mudah. Hal ini karena data absensi akan sekaligus otomatis tersimpan dengan sistem cloud.

5. Perhitungan Jam Kerja Menjadi Lebih Akurat

Menggunakan absensi elektronik akan memungkinkan kemudahan sinkronisasi pada tiap-tiap perangkat yang terhubung. Hal ini karena sistem absensi elektronik bekerja dengan terkoneksi melalui internet. Dengan begini, akan terjadi kecocokan jam antara smartphone karyawan dengan komputer kantor sehingga data menjadi lebih akurat.

Keakuratan data absensi yang masuk ini penting. Apalagi jika sebuah perusahaan memiliki sistem kebijakan gaji dengan berpatokan pada jam kehadiran atau keterlambatan karyawan.

6. Semua Karyawan Menjadi Lebih Disiplin

E absensi akan merekam seluruh data baik kedatangan maupun jam pulang kerja karyawan secara akurat. Hal ini akan membuat karyawan akan selalu berusaha untuk datang ke tempat kerja sebelum jam masuk yang telah ditentukan. Apalagi jika sampai terlambat semenit saja , maka akan langsung bisa terekam dan akan justru merugikan mereka.

Mengapa? Karena pihak HRD akan mengetahui dan otomatis akan menindak dengan memberikan sanksi pada karyawan yang terlambat tersebut. Inilah absensi elektronik bisa secara tidak langsung akan mengajarkan karyawan untuk berdisiplin.

7. Melatih Kejujuran Karyawan

Secara tidak langsung penggunaan absensi elektronik ini akan dapat menjadikan karyawan lebih jujur dalam bekerja. Yaitu tidak ada lagi bentuk kecurangan yang kemungkinan bisa dilakukan. Seperti menitip absen pada teman, atau meninggalkan pekerjaan dengan pulang walaupun belum waktunya.

Menggunakan absensi elektronik ini, karyawan akan masuk dan pulang kerja sesuai waktu yang telah ditentukan. Walaupun ingin libur, mereka hanya dapat mengambilnya dari jatah cuti. Tidak bisa seenaknya bergantian dengan karyawan lain yang tidak berada pada jadwalnya.

Itulah manfaat menggunakan e absensi. Selain lebih praktis dan mudah, cara ini akan menghindarkan karyawan berbuat malas atau curang terutama dalam hal absensi. Kini selain menggunakan absensi elektronik, perusahaan juga bisa mencoba mengaplikasikan aplikasi online payroll seperti gaji.id.

Aplikasi ini telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dengan menyediakan layanan pengolahan data penggajian. Tentu saja termasuk di dalamnya mengatur absensi karyawan. Kunjungi website gaji.id, untuk keterangan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *