Home » Manfaat Penggunaan E Absensi Bagi Perusahaan

Manfaat Penggunaan E Absensi Bagi Perusahaan

Kini sudah jaman era digital, hampir semua yang dilakukan oleh manusia terasa lebih mudah. Salah satunya absen karyawan. Dahulu, absen karyawan masih mempergunakan manual, namun kini sudah ada yang namanya teknologi e absensi. Teknologi ini banyak memberikan manfaat bagi perusahaan serta secara tidak langsung dapat membentuk pribadi karyawan yaitu :

1. Karyawan Lebih Patuh Pada Peraturan Serta Sanksi Yang Ada

Saat karyawan telah membekali diri dengan sikap disiplin pada dirinya, maka otomatis mereka juga akan tunduk dengan peraturan yang ada. Selain itu kepatuhan mereka pada peraturan yang dibuat oleh perusahaan juga semakin terjalin. Inilah yang kemudian dapat mengurangi adanya pelanggaran terjadi.

Kemudian, karyawan yang takut akan sanksi juga dapat berpengaruh. Yaitu mereka yang cenderung takut berbuat kesalahan. Beberapa tindakan tegas yang bisa dilakukan perusahaan akan juga membuat karyawan lebih mematuhi peraturan yang ada.

2. Karyawan Jadi Lebih Bertindak Jujur

Absensi elektronik juga dapat melatih karyawan untuk lebih bersikap jujur terutama dengan dirinya sendiri. Teknologi ini akan otomatis dapat melatih mereka untuk tidak membolos kerja, kemungkinan titip absen pada teman, dan kecurangan lain. Bahkan adanya teknologi absen elektronik ini juga akan menghindarkan kemungkinan karyawan mencuri data penting perusahaan.

E elektronik ini akan membuat karyawan secara tidak sadar masuk kerja sesuai jadwal yang ditentukan perusahaan. Bahkan untuk mengambil jatah libur pun, karyawan hanya dapat merealisasikannya melalui fasilitas cuti. Dengan cara ini, jika ada seorang karyawan yang masuk perusahaan dengan niat terselubung akan langsung terdeteksi oleh perusahaan.

3. Membentuk Karyawan Menjadi Lebih Produktif

Teknologi absensi elektronik ini juga dapat melatih karyawan menjadi lebih produktif. Secara tidak langsung mereka akan lebih menghargai waktu dan berdisiplin. Terutama untuk jam masuk, jam pulang, maupun kembali dari istirahat. Dengan cara ini, pastinya karyawan bisa bekerja lebih cepat dan teratur.

Sehingga hasil kerja pun menjadi bertambah banyak. Pihak karyawan juga dapat diuntungkan dalam hal ini. Salah satunya yaitu bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat bahkan sebelum waktunya pulang.

4. Karyawan Bisa Mendapat Gaji Sesuai Kinerjanya

Kehadiran absensi elektronik juga memudahkan pihak HRD untuk membuat laporan kehadiran serta jumlah kerja setiap karyawan. Teknologi tersebut akan membantu pihaknya untuk lebih bersikap adil. Terutama dalam menentukan gaji yang sesuai dengan kinerja karyawan. Hal tersebut juga dapat dilihat dari totalitas yang diberikan karyawan.

Absensi elektronik akan membuat karyawan yang disiplin bisa mendapatkan upah yang berbeda. Misalnya akan mendapat bonus atau gaji lebih banyak dari karyawan lainnya. Karyawan yang lembur juga bisa menjadi salah satu indikator untuk pemberian gaji lebih. Jam lembur ini akan terekam jelas pada absensi elektronik.

5. Karyawan Jadi Lebih Disiplin Sehingga Tidak Terlambat

Salah satu  metode operasi e absensi ini adalah merekam jam kedatangan karyawan apakah sudah tepat waktu apa belum. Teknologi ini akan merekam jam kedatangan karyawan secara akurat. Oleh karena itu, karyawan wajib datang sebelum jam masuk yang sebelumnya sudah di setting oleh perusahaan. Segala macam bentuk keterlambatan tidak akan ditolerir.

Bahkan jika terlambat semenit pun, alat ini akan langsung merekamnya. Selanjutnya pihak HRD akan memprosesnya. Untuk kemudian bisa dijadikan dasar pemberian sanksi yang sesuai. Inilah yang membuat karyawan jadi lebih disiplin. Mereka akhirnya berusaha sebisa mungkin untuk tidak terlambat.

Itulah manfaat dari penggunaan e absensi bagi perusahaan yang secara tidak langsung juga dapat membentuk pribadi karyawan menjadi lebih baik. Perusahaan memang seharusnya sudah beralih dari absen manual ke absensi elektronik. Aplikasi gaji.id bisa menjadi solusi.

Gaji.id merupakan aplikasi payroll online yang juga punya fitur pengelolaan absensi karyawan. Mulailah gunakan aplikasi yang sangat berguna ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *