Home » Memahami Tentang Surat Peringatan 1 Dan Kegunaannya

Memahami Tentang Surat Peringatan 1 Dan Kegunaannya

Dalam dunia pekerjaan jika pegawai beberapa kali melakukan kesalahan, maka perusahaan akan memberikan surat peringatan 1 atau biasa disebut SP 1. Namun pemberian surat peringatan ini tidak berarti pegawai langsung dipecat atau dikeluarkan begitu saja. Surat ini dikeluarkan apabila seseorang sering melakukan kesalahan atau pelanggaran di perusahaan.

Apalagi jika kesalahan yang dilakukan berakibat kerugian pada perusahaan. Pegawai yang bekerja kurang kompeten dan tidak pernah mencapai target pun biasanya akan diberikan surat peringatan 1. Tapi apa sih sebenarnya pengertian surat peringatan itu? Dan bagaimana apa kegunaan suratnya.

Apa Itu Surat Peringatan?

Pengertian dari surat peringatan adalah surat yang dikeluarkan atau dibuat untuk seorang pegawai yang melakukan kesalahan atau pelanggaran. Surat peringatan ini dibuat maksimal 3 kali, dan surat yang ketiga adalah surat pemutusan hubungan kerja (PHK). Untuk surat peringatan 1 ini biasanya dikeluarkan apabila seorang pegawai telah melakukan kesalahan tapi kesalahan yang dilakukan tidak fatal.

Misalnya tidak disiplin dalam bekerja atau sering terlambat datang ke kantor, maka pegawai tersebut bisa dikenai surat peringatan 1. Tapi bukan berarti setelah mendapat surat peringatan 1 pegawai langsung di pecat. Melainkan hanya untuk memberi efek jera agar tidak melakukan kesalahan lagi di lain waktu.

Dengan surat peringatan ini juga bisa menjadi contoh untuk para pegawai lain agar tidak melakukan kesalahan yang sama, atau bahkan kesalahan yang lebih fatal. Nah jika kesalahan yang dilakukan sudah terlalu fatal, maka perusahaan akan membuat surat peringatan 3 atau SP 3. Yang mana hal itu berarti perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap pegawai yang melakukan kesalahan.

Kegunaan Surat Peringatan 1

Sesuai dengan namanya surat peringatan diberikan guna memberi peringatan kepada pegawai yang melakukan pelanggaran atau kesalahan. Berikut beberapa kegunaan daripada surat peringatan :

1. Memberikan Teguran

Surat peringatan berguna untuk memberikan teguran pada pegawai yang sering melakukan kesalahan. Hal ini dilakukan agar kesalahan yang dilakukan pegawai tidak akan menjadi kebiasaan yang mungkin akan merugikan perusahaan. Dengan memberikan surat peringatan 1 perusahaan berharap agar pegawai akan sadar dan memperbaiki kesalahannya.

2. Memberi Efek Jera

Pegawai yang melakukan kesalahan memang harus diberikan peringatan guna memberikan efek jera. Jika pegawai tidak diberikan surat peringatan 1 maka pegawai tersebut akan terus melakukan kesalahan yang berakibat merugikan perusahaan. Namun jika pegawai sudah mendapatkan surat peringatan dapat dipastikan pegawai akan lebih berhati-hati lagi dalam bekerja.

3. Memberikan Contoh Pada Pegawai Lain

Secara tidak langsung pegawai yang mendapatkan surat peringatan akan membuat pegawai lain lebih mawas diri. Hal tersebut akan menjadi contoh bagi pegawai lain untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dengan pegawai yang melakukan kesalahan. Sehingga tidak bernasib sama seperti pegawai yang melakukan kesalahan.

4. Meningkatkan Performa Kerja

Pegawai yang terlanjur melakukan kesalahan pasti akan mendapatkan surat peringatan dari perusahaan. Namun bukan berarti hal tersebut membuat pegawai merasa tertekan, justru surat peringatan akan membuat performa kerja pegawai meningkat. Agar kedepannya tidak akan mendapatkan surat peringatan lagi yang akan berakhir pada pemutusan hubungan kerja (PHK).

Itulah pengertian dari surat peringatan 1 dan kegunaan suratnya. Agar tidak mendapatkan surat peringatan maka bekerjalah dengan baik dan disiplin. Terutama disiplin waktu, sebab semakin disiplin dalam pemanfaatan waktu maka kinerja pegawai akan semakin tinggi.

Perusahaan juga bisa membuat absensi pegawai dengan menggunakan gaji.id agar pegawai tidak berani melakukan kesalahan dan pelanggaran waktu. Sehingga perusahaan lebih mudah memantau kinerja para pegawai selama bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *