Home » Mempertahankan Karyawan Potensial (Asset Perusahaan)

Mempertahankan Karyawan Potensial (Asset Perusahaan)

Jika perusahaaan anda masih berdiri sampai saat ini, itu pasti karena ada karyawan potensial (asset perusahaan) yang berada didalamnya, karyawan yang sudah bertahan cukup lama, mempunyai jabatan pimpinan, mempunyai skill/kemampuan mumpuni dan siap membangun perusahaaan dengan memberikan kemampuan terbaik mereka. Sulit dibayangkan jika karyawan seperti ini tiba-tiba datang menemui anda dan mengajukan surat resign. Sebenarnya saat karyawan potensial anda mengajukan surat resign, hal tersebut bukanlah titik akhir, karyawan tersebut masih bisa diperjuangkan agar tetap bertahan di perusahaaan.

1. Dengarkan alasan mereka resign dengan seksama

Setiap orang yang mengajukan resign pasti ada alasan besar yang mendasari itu semua, apalagi jika karyawan tersebut sudah bertahun bekerja diperusahaan anda. Yang harus anda lakukan pertama adalah dengarkan apa yang menjadi alasan mereka mengajukan resign, dengarkan dengan empati. Mungkin saja diantara alasan tersebut ada yang anda anggap tidak tepat namun anda harus selalu ingat bahwa dalam menyampaikan pendapat tidak ada benar dan salah jadi tidak ada alasan anda untuk menyalahkan pegawai anda. Jangan pernah menyalahkan pegawai karena mereka akan kehilangan respect kepada anda dan menguatkan

2. Catat point penting perubahan yang mereka inginkan

Diantara alasan yang diajukan, mungkin saja ada ketidakpuasan terhadap sistem perusahaaan atau ketidakcocokan dengan salah satu rekan kerja. Catat setiap point penting yang mereka utarakan dan analisis apakah itu memang sebuah kekurangan yang layak diperbaiki. Jika memang iya, janjikan kepada karyawan potensial anda bahwa anda sependapat dan niat untuk mengubahnya menjadi lebih baik. Katakan pula jika anda membutuhkan orang seperti dia untuk mendukung anda membuat semuanya lebih baik. Dengan hal ini karyawan merasa bahwa dia masih sangat dibutuhkan.

3. Tawarkan kenaikan gaji dan fasilitas

Sekalipun tidak ada alasan gaji dalam daftar alasannya, coba tawarkan kenaikan gaji kepada karyawan. Karyawan potensial selalu layak untuk mendapatkan kenaikan gaji. Bayangkan jika anda harus merekrut orang baru, selain menambah cost recrtuitment anda juga harus mengajari banyak hal dan anak baru tidak akan langsung sebagus karyawan yang sudah bertahun kenal dengan budaya perusahaaan. Karyawan potensial anda juga sudah banyak memberikan kontribusi kepada perusahaan maka dia layak mendapatkan apresiasi. Dengan menaikkan gaji dan menambahkan fasilitas, mungkin saja karyawan bisa jadi memikirkan kembali apakah keputusan resign adalah keputusan terbaik padahal perusahaaan memberikan perhatian lebih.

Nah semoga karyawan potensial anda tetap bertahan dan tetap bersama anda membangun perusahaaan ya.

sumber gambar by freepik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *