Home » Mengapa HRD Adalah Bagian Perusahaan Yang Sangat Penting?

Mengapa HRD Adalah Bagian Perusahaan Yang Sangat Penting?

Setiap perusahaan memiliki HRD yang memiliki peran cukup penting di perusahaan tersebut. HRD adalah seorang atau beberapa orang yang menjadi jembatan bagi para pencari pekerjaan yang ingin bekerja di perusahaan tersebut. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ada pengertian mengenai HRD dan juga tugas dari bagian HRD. Yuk simak!

Pengertian HRD

HRD adalah kata yang merupakan singkatan dari Human Resources Departemen. Bagian HRD berperan penting dalam perekrutan karyawan di suatu perusahaan. HRD sendiri biasa disebut juga dengan Divisi Sumber Daya Manusia. Sebagai orang yang memegang peranan penting dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia di suatu perusahaan, HRD haruslah bertanggung jawab.

HRD memiliki peranan dalam memilih karyawan yang terbaik bagi perusahaan. Sebab itu, HRD menjadi pihak yang dinilai paling penting di suatu perusahaan. Seorang HRD haruslah memiliki latar psikologi yang baik sehingga dapat memegang peranan penting dalam wawancara penerimaan karyawan.

Apa Tugas HRD?

HRD juga merupakan orang pertama yang dicari ketika seorang calon karyawan hendak melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Oleh karena itu, pekerjaan HRD selalu berpusat di Sumber Daya Manusia. HRD memilih tugas lain diantaranya:

1. Merekrut Karyawan Baru

Tugas HRD yang pertama adalah merekrut para calon karyawan baru. Perekrutan yang dilakukan haruslah berjalan transparan dan juga adil. Sehingga para calon karyawan yang ingin masuk ke dalam perusahaan dapat diseleksi sesuai dengan kemampuan masing-masing.

2. Melatih Kinerja Karyawan Baru

HRD adalah pihak yang bertanggung jawab untuk melatih para karyawan baru setelah melewati proses seleksi. Hal ini bertujuan untuk melatih kinerja karyawan agar dapat bekerja dengan baik di perusahaan tersebut. Proses seleksi ini biasa disebut sebagai magang. Proses ini berlangsung kurang lebih selama 3 bulan.

HRD juga yang melakukan pengawasan ketat pada setiap karyawan ketika sudah menjalani pekerjaan. HRD melakukan ini agar dapat melihat potensi adanya karyawan berprestasi dan yang dapat dipromosikan. Biasanya, jika terlihat ada karyawan yang memiliki kinerja yang baik maka HRD dapat mempromosikannya ke jabatan yang lebih baik.

3. Mengatur Upah Karyawan

Selain itu, HRD juga memegang peranan penting dalam pemberian gaji, pesangon serta bonus pada karyawan. Hal ini disesuaikan dengan jam kerja, jadwal tambahan maupun masa kerja hingga menuju pensiun. Peranan ini diproses langsung oleh HRD hingga diterima pada karyawan.

4. Menjamin Kesehatan Dan Keselamatan Karyawan

Tugas lain dari HRD yaitu menjamin kesehatan dan keselamatan para karyawan selama bekerja. Seorang HRD biasanya akan memproses jaminan pekerjaan bagi para karyawan. Jika karyawan tersebut bekerja di luar ruangan, maka HRD akan memprosesnya bersama dengan pembentukan tim proyek. Hal ini bertujuan agar para karyawan tetap terjamin keselamatannya selama bekerja.

5. Memberikan Solusi Pada Karyawan Yang Bermasalah

HRD juga haruslah melakukan pemecahan masalah bagi setiap karyawan. Sesi konseling ini biasanya dilakukan setiap sebulan sekali. HRD berhak memanggil setiap karyawan untuk ditanyakan psikologis maupun kesehariannya. Dan HRD akan membantu para karyawan jika memiliki masalah yang harus diselesaikan. HRD berkewajiban untuk menjaga kesolidaritasan para karyawannya untuk menimbulkan suasana kondusif dalam bekerja.

6. Menjalin Kerjasama Dengan Pihak Asing

Selain mengurusi hal yang bersangkutan dengan karyawan, HRD juga memegang peran penting dalam bekerja sama dengan pihak asing. HRD biasanya akan melakukan negosiasi pada orang-orang yang hendak memasok suatu benda kepada perusahaan tersebut. Hal ini haruslah dilakukan oleh HRD yang berpengalaman, sehingga perusahaan tidak akan merugi.

Itulah beberapa penjelasan tentang pengertian dan peranan dari HRD. HRD memegang kunci sebuah perusahaan yaitu para karyawan. Sebab itu, HRD dibebankan tanggung jawab yang penuh dalam perekrutan seorang karyawan. Agar memudahkan HRD dalam pekerjaan sehari harinya, kini telah hadir sebuah aplikasi yang sangat memudahkan tugas administrasi, pengolahan gaji, absensi hingga perhitungan pajak karyawan yaitu Gaji.id, ingin tau lebih lanjut mengenai aplikasi ini silahkan kunjungi website gaji.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *