Home » Mengatur Gaji UMR Jakarta Ala Millenials

Mengatur Gaji UMR Jakarta Ala Millenials

Bagi millenials, bekerja di Jakarta menjadi suatu hal yang diidam-idamkan. Kota ini banyak menawarkan keuntungan bagi para pencari pundi-pundi rupiah, meskipun hanya bergaji UMR Jakarta. Segala macam industri ada di kota metropolitan ini. Meskipun kota Jakarta dijuluki kota yang kejam, namun tak menyurutkan millenials untuk menyerah mencari uang di Jakarta.

Millenials yang baru menapaki karir sebagai karyawan pastilah senang dan bangga ketika mendapatkan gaji pertamanya. Namun, umumnya gaji pertama tentunya jumlahnya tidak besar, kemungkinan akan berkisar tidak jauh dari UMR. Meskipun begitu, millenials tetap dapat hidup sangat layak di Jakarta.

Besaran Upah Kerja Minimum Regional Jakarta

Membicarakan tentang UMR, ada baiknya mengetahui apa itu UMR. UMR yakni gaji pokok dan tunjangan yang telah ditetapkan oleh peraturan dan kebijakan perusahaan. Penetapan UMR tentunya telah melewati uji survey yang dilakukan oleh Dewan Pengupahan Daerah (DPD).

Survey tersebut kemudian menghasilkan angka Kebutuhan Hidup Layak (KHL), baik untuk perorangan yang masih single maupun yang sudah berkeluarga. Hasil KHL lalu diusulkan oleh DPD, yang kemudian dinamakan upah minimum provinsi atau yang biasa disebut dengan UMR. UMR kemudian disahkan oleh gubernur provinsi masing-masing.

Dibandingkan dengan provinsi lainnya, upah minimum regional Jakarta menduduki peringkat tertinggi pertama. Besarannya ada peraturan gubernur terbaru tahun 2018 yaitu sebesar Rp3.940.973. Jumlah tersebut telah termaktub dalam Pergub 114 Tahun 2018. Upah minimum Jakarta mengalami kenaikan 8.03% dibanding pada tahun sebelumnya.

5 Hal yang Perlu Millenials Lakukan Meski Bergaji UMR Jakarta

Millenials identik dengan kaum yang sulit mengatur keuangan karena memiliki lifestyle yang tinggi. Hal ini adalah ironi karena sejatinya semakin muda diharapkan dapat mempersiapkan hari tua. Jika begitu, meskipun gaji berada di atas UMR tidak akan mencukupi kebutuhan. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan terutama yang bergaji UMR Jakarta?

1. Fokus

Uang memang menggiurkan, namun jangan sampai karena uang akan menggadaikan karir. Sebagai millenials yang baru mendapat pekerjaan, diharapkan untuk fokus pada pekerjaan yang sedang dijalani. Hal ini berguna untuk meningkatkan keahlian yang lambat laun akan meningkatkan gaji.

2. Maksimalkan Fasilitas yang Ada

Saat bekerja, jangan terpaku pada hasil maupun gaji. Maksimalkan fasilitas yang telah disediakan untuk memaksimalkan pengetahuan, pengalaman, dan jaringan. Hal tersebut dapat menjadi investasi yang bagus karena bersifat selamanya, tidak seperti gaji yang akan habis sesaat. Investasi tersebut nantinya akan menjadi bekal untuk memperoleh pendapatan yang lebih dari saat ini.

3. Catat Pengeluaran dengan Rinci

Terkadang, millenials sering kali mengabaikan catatan pengeluaran. Padahal catatan pengeluaran sangat penting untuk mengontrol gaji bulanan, apalagi jika gaji yang diterima sangat mepet dengan kebutuhan. Dengan mencatat pengeluaran, diharapkan dapat mengevaluasi yang kemudian bisa untuk bahan membuat anggaran.

4. Buat Anggaran Bulanan

Dengan membuat anggaran bulanan, tentunya dapat mengontrol pengeluaran bulanan dan membatasi diri untuk menghabiskan gaji secara cuma-cuma. Millenials akan dapat mengatur pengeluaran sebatas gaji yang didapatkan dan terhindar dari hutang. Meskipun bergaji UMR, dengan membuat anggaran bulanan dapat menyisihkannya untuk menabung.

5. Buat Rencana Keuangan

Setelah mencatat pengeluaran dan membuat anggaran bulanan, tahapan selanjutnya yaitu membuat rencana keuangan. Rencana keuangan sangat penting dibuat yang gunanya untuk memotivasi untuk melakukan lebih baik lagi di waktu ke depan.

Itulah informasi terkait dengan UMR Jakarta dan bagaimana millenials menyiasatinya. Kini telah hadir juga sebuah aplikasi payroll online atau pengolahan penggajian online yang dirancang khusus untuk memudahkan para pengguna dalam perhitungan gaji khususnya di Indonesia yaitu Gaji.id, untuk info lebih lanjut kunjungi halaman berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *