Home » Mengenal Fungsi Aplikasi Payroll, Gajian Ala Milenial

Mengenal Fungsi Aplikasi Payroll, Gajian Ala Milenial

payroll software

Aplikasi payroll merupakan inovasi baru yang dapat memudahkan perusahaan untuk menggaji karyawan dengan mudah. Seiring berkembangnya teknologi membuat dunia digital pun menjadi berkembang sangat pesat. Apalagi dengan hadirnya internet yang membuat segala aspek pun menjadi mudah dan dapat dijangkau kapanpun. Jika dilihat dan ditelusuri kembali, hampir segala aspek dalam keseharian kita saat ini pasti bergantung terhadap internet dan majunya digitalisasi pada gadget yang kita punya, baik itu smartphone hingga laptop.

Kemudahan dan kesederhanaan dari digitalisasi tersebut pun semakin terlihat ketika digitalisasi ini mulai masuk dan merambah pada bidang finansial. Saat ini mulai banyak berkembang fintech di bidang perbankan. Hingga slip gaji pun dapat dilihat secara online atau yang disebut juga dengan payroll. 

Apa itu aplikasi payroll?

Payroll sendiri merupakan sebuah sistem administrasi yang digunakan untuk penggajian atau pembayaran upah yang dilakukan secara online. Sistem ini sendiri tergolong cukup membantu pihak perusahaan untuk mengelola segala macam data administrsi. Yang berhubungan dengan dengan pengelolaan dari pembayaran upah para karyawannya. Payroll ini sendiri pada umumnya berupa aplikasi atau software yang tergabung dalam Human Resource Information System atau HRIS. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh perusahaan agar tim HR mereka dapat dengan mudah untuk mengelola. Dan menghitungan upah yang harus dibayarkan kepada karyawannya dengan dasar perhitungan data jam kerja atau kehadiran karyawan yang sudah terintegrasi kedalam aplikasi tersebut.

Selain bermanfaat untuk perusahaan, fungsi dari sistem payroll sendiri juga dapat mempercepat penyimpanan data secara otomatis dan juga tentunya aman. Perusahaan tidak perlu lagi menyimpan segala data tentang karyawannya secara manual dan tentunya hal tersebut akan memakan waktu yang lebih lama dibanding perusahaan menggunakan sistem ini. Soal data pun tentunya sistem tersebuti kecepatan penyajian data yang lebih cepat dibanding dilakukan secara manual.

Menarik bukan? Itulah tadi ulasan singkat tentang penjelasan dari fungsi aplikasi payroll. Dalam perhitungan dari pembayaran upah terhadap karyawan memang bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan ketelitian dan juga ketepatan agar menghindari risiko dari kerugian perusahaan. Disinilah peran Gaji.id hadir untuk membantu perusahaan agar menghindari risiko tersebut. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat langsung mengunjungi laman resminya di https://gaji.id/