Home » Mengenal Peran Penting Seorang HRD Di Perusahaan

Mengenal Peran Penting Seorang HRD Di Perusahaan

Di dalam menjalankan sebuah perusahaan atau instansi tentu memerlukan seorang HRD yang perannya bisa dikatakan sangat penting. Demi kelancaran menjalankan perusahaan posisi satu ini mengemban beragam peran dan tanggung jawab penting yang menentukan kemajuan dari perusahaan tersebut.

HRD yang merupakan singkatan dari Human Resources Department. HRD memiliki beragam peran penting yang nantinya sangat berpengaruh pada keberhasilan suatu perusahaan. Apa saja perannya?

1. Pemilihan Pegawai Atau Karyawan

Biasanya jika mendengar posisi staf HRD yang terlintas adalah seseorang yang memegang peranan penting dalam urusan pengembangan karyawan dalam suatu perusahaan. Ya, hal ini memang betul. Peran seorang staf ini memang sebagai pengembang atau pengontrol karyawan suatu perusahaan.

Seorang staf ini akan berhubungan langsung dengan para calon pegawai atau karyawan. Lebih sederhananya perannya di sini berhubungan dengan rekrutmen karyawan, yang merupakan salah satu bentuk pengontrol karyawan atau SDM pada perusahaan.

Proses rekrutmen ini sendiri tidak cukup satu tahap. Pertama akan ada tahap pencarian calon karyawan yang akan disusul dengan tahap pensortiran calon karyawan. Nah, untuk selanjutnya akan ditutup dengan tahap pemilihan karyawan yang sudah sesuai dengan kriteria perusahaan.

Proses ini bertujuan untuk mendapatkan karyawan-karyawan yang memiliki potensi membuat perusahaan bisa maju dan juga sukses. kualifikasi yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

2. Masa Orientasi

Salah satu bentuk pengembangan dan juga pengontrol kinerja karyawan atau SDM dalam suatu perusahaan adalah saat seorang staf HRD mengadakan masa orientasi bagi karyawan baru.

Jika sudah selesai menjalankan proses rekrutmen karyawan peran selanjutnya adalah mengadakan masa orientasi bagi para karyawan baru. Hal ini penting karena karyawan baru perlu mengenal perannya dengan baik serta perlu mengenal perusahaan tempat mereka bekerja dengan baik pula. Nantinya hal ini akan membuat karyawan baru bisa bekerja pada perusahaan secara aktif dan memuaskan.

3. Menghandle Payroll

Peran yang masih berhubungan dengan karyawan dimana payroll ini artinya mengurus segala permintaan izin atau cuti serta pertukaran shift kerja semua karyawan perusahaan juga mengurus administrasi.

4. General Affair

General Affair di sini maksudnya adalah seorang HRD memiliki peranan dalam mengurusi segala sarana dan prasarana perusahaan, menjaga hubungan baik dengan vendor atau mitra kerja perusahaan, serta menyusun laporan keuangan perusahaan yang nantinya akan diprensentasikan pada rapat anggaran perusahaan.

5. Melakukan Perhitungan Gaji

Berhubungan dengan gaji di sini peran HRD juga harus mengurus perhitungan gaji karyawan. Dalam perhitungan gaji ini ada perhitungan bonus dan juga tunjangan karyawan. Selain itu ada mengurus rekap absensi semua karyawan perusahaan yang nantinya akan berkesinambungan dengan perhitungan gaji.

Jika dilihat dari peran-peran atau fungsi HRD di atas tentu saat mencari orang dalam menempati posisi ini tidak bisa sembarangan karena tanggung jawabnya sangat besar dan selalu berhubungan dengan divisi lain. Agar perusahaan tidak merugi pemilihan staff ini tentu harus dilakukan dengan sangat ketat dan hati-hati.

Dengan fungsi HRD yang banyak dan hampir semua urusan pekerjaan diambil alih sekarang ini sudah banyak sekali software yang bisa membantu pekerjaan atau peran-peran HRD tersebut. Salah satu website yang bisa membantu meringankan pekerjaan HRD adalah gaji.id. Bagi para staf HRD cobalah menggunakan aplikasi gaji.id.

Aplikasi gaji.id ini akan sangat membantu pekerjaan staf HRD terutama dalam urusan perhitungan absensi, perhitungan cuti, dan juga perhitungan gaji dan masih banyak lagi fitur yang diberikan demi membantu meringankan dan memudahkan pekerjaan seorang HRD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *