Home » Payroll Adalah Kunci Kemudahan Penggajian Karyawan, Ini Manfaatnya

Payroll Adalah Kunci Kemudahan Penggajian Karyawan, Ini Manfaatnya

Era sekarang menuntut semua aspek kehidupan untuk melakukan segala hal berbasis digital, termasuk juga perusahaan di dalamnya. Perusahaan sebisa mungkin adaptif akan perkembangan zaman sehingga memudahkan pekerjaan para karyawannya. Salah satunya yaitu menggunakan payroll berbasis digital. Payroll adalah sistem layanan yang memudahkan administrasi penggajian.

Teknologi payroll berbasis digital ini tentunya memudahkan kerja karyawan dalam suatu perusahaan, terutama HRD. Payroll digunakan untuk menghitung gaji, tunjangan, bonus, uang lembur, dan lain sebagainya. Dengan adanya payroll, tentunya pekerjaan karyawan menjadi lebih efektif dan efisien.

5 Manfaat Menggunakan Payroll

Salah satu inovasi teknologi yang dapat dinikmati kehadirannya yaitu sistem payroll. Sistem payroll adalah sistem layanan yang menghadirkan banyak keuntungan bagi penggunanya, terutama bagi pengadministrasi perusahaan. Layanannya yang beragam, membuatnya cocok digunakan untuk efektifitas pekerjaan. Manfaat Payroll lainnya yaitu sebagai berikut:

1. Memudahkan Penghitungan Gaji

Tiap bulannya, HRD khususnya bertugas untuk menghitung gaji karyawan. Tentunya, gaji karyawan berhubungan dengan absensi, masa cuti, pajak, iuran kesehatan, dan lain sebagainya. Banyaknya elemen yang terdapat pada gaji seringkali membuat HRD repot bahkan kerap kali terjadi human error dalam pengerjaannya.

Solusi dari permasalahan tersebut dengan menggunakan sistem payroll untuk memudahkan penghitungan gaji. Payroll yang dibuat dengan teknologi terkini memungkinkan pengguna untuk membukanya kapan dan di mana saja. Administrasi penggajian dapat berjalan tepat waktu, terbebas dari human error, dan penghitungannya akurat.

2. Tidak Perlu Repot Soal Kelola Database Karyawan

Tiap perusahaan sebaiknya memiliki database karyawan yang lengkap dan tersusun rapi. Baik soal yang rinci seperti karyawan masuk, karyawan resign, profiling karyawan, history training, sampai detailing keluarga. Tidak sampai di situ, mutasi karyawan sebaiknya tercatat dengan apik, mulai dari soal kenaikan jabatan, perpindahan cabang, sampai perubahan status.

Hal tersebut tentunya cukup berat dilakukan, apalagi karyawan yang dimiliki sangat banyak dan memiliki turn over karyawan yang tinggi. Meskipun begitu, perusahaan harus melakukan pencatatan database karyawan dengan baik karena berhubungan dengan gaji dan kualitas perusahaan. Untuk memudahkannya, terdapat sistem payroll untuk pengelolaan database karyawan.

3. Data Kehadiran Karyawan Dijamin Tepat

Absensi karyawan tentunya berhubungan erat dengan gaji yang akan diterima. Pasalnya, bilangan gaji biasanya dibayarkan sesuai dengan nominal kehadiran per bulan atau pada periode tertentu sesuai kesepakatan. Jika pencatatan kehadiran berantakan, pastinya hal tersebut dapat merugikan karyawan. Bagi perusahaan, tentunya akan berimbas pada kualitas pengelolaan karyawan.

Data kehadiran karyawan dapat dicatat dengan lengkap dan tepat melalui sistem payroll, baik absensi regular sampai masa cuti. Spesialnya dari sistem ini adalah adanya akses ESS (Employess Self Service) dimana masing-masing karyawan dapat mengajukan cuti melalui mobile phone. Karyawan juga dapat mengunduh slip gaji yang terdapat pada sistem ini.

4. Mempermudah Penghitungan Pajak

Penghitungan pajak karyawan pastilah merepotkan, apalagi selalu terjadi tiap tahunnya. Banyaknya aturan penyerta serta aturan-aturan baru membuat pelaporan pajak menjadi semakin rumit. Jika perusahaan tidak update aturan baru yang dikeluarkan pemerintah soal pembayaran PPh 21, pastilah nominalnya berbeda dengan yang seharusnya dibayarkan.

Jika salah menghitung pajak, maka akan menerima sanksi yang merugikan perusahaan karena mempengaruhi cash flow keuangan serta mengurangi reputasi perusahaan. Untuk memudahkannya, dapat menggunakan sistem payroll karena terdapat penghitungan khusus PPh 21. Dalam sistem ini, tersedia format CSV e-SPT bulanan dan tahunan untuk memudahkan pelaporan.

5. Lebih Aman Dan Transparan

Payroll adalah sistem yang tidak hanya memudahkan pengguna dalam pengadministrasian pekerjaan tetapi juga sangat aman ketika digunakan. Data yang di-input tentunya aman disimpan dalam sistem payroll. Data server yang berada di sistem payroll sudah terverifikasi ISO dan sesuai standart OJK.

Sistem payroll juga transparan yang sehingga memudahkan karyawan untuk mengetahui besaran gaji yang diterima. Gaji tersebut tentunya sudah terekap secara rinci dan tepat dalam sistem ini sehingga memudahkan karyawan dalam membacanya. Komponen-komponen gaji terinci dengan jelas sehingga karyawan dapat melakukan kontrol gaji secara berkala.

Dengan beragam manfaat yang ditawarkan, payroll adalah sistem berguna bagi penggunanya, baik perusahaan maupun karyawan. Salah satu aplikasi payroll yang dapat memudahkan pengadministrasian perkantoran adalah dari Gaji.id. Dengan aplikasi payroll dari Gaji.id maka pengelolaan gaji, database, dan data kehadiran karyawan dapat lebih profesional dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *