Home » Payroll Adalah Sistem Penggajian Karyawan Paling Mudah

Payroll Adalah Sistem Penggajian Karyawan Paling Mudah

Industri Teknologi dan Komunikasi selalu mengalami perkembangan dalam setiap tahunnya. Kondisi ini tentunya berkaitan dengan kebutuhan industri untuk menciptakan inovasi baru. Adapun inovasi baru tersebut terkenal dengan sebutan payroll. Apa itu payroll? Payroll adalah sebuah sistem berbasis administrasi penggajian karyawan yang dibutuhkan oleh sebagian besar perusahaan.

Teknologi payroll bekerja untuk meringankan pekerjaan staf HRD yang biasanya akan menghitung gaji pokok, tunjangan, transportasi, uang lembur dan perhitungan lainnya. Dengan adanya payroll, tentunya pekerjaan para staf HRD menjadi selesai lebih cepat dan dapat menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Manfaat Payroll

Pada dasarnya sistem payroll biasanya akan terintegerasi dengan sistem lain seperti absen karyawan dan permohonan cuti karyawan. Jadi, apabila terdapat karyawan yang tidak masuk kerja tanpa alasan tertentu maka gajinya akan terpotong. Begitu pula apabila terdapat karyawan yang ingin mengajukan cuti tentunya dapat mengajukan permohonan langsung melalui aplikasi tersebut. Lantas, apa saja keunggulan atau manfaat dari payroll? Manfaat payroll adalah :

  • Perhitungan gaji. Setiap bulannya staf HRD tentunya menghitung gaji yang harus dibayarkan kepada para karyawan perusahaan tersebut. Perhitungan upah tersebut tentunya juga berdasarkan dari absensi karyawan dan prestasi yang telah dicapai. Maka dari itu, untuk mempermudah perhitungannya bisa menggunakan sistem payroll. Payroll bisa digunakan kapan saja dan dimana saja tanpa ada batasan khusus karena tujuannya memang untuk membantu pekerjaan staf HRD.
  • Perhitungan THR. Dalam setiap tahunnya, tentunya masing-masing karyawan mendapatkan THR dan Gaji ke-13. Dalam perhitungan tersebut tentunya sudah disediakan aturan khusus dan beberapa karyawan biasanya mendapatkan hasil yang berbeda-beda. Jika staf HRD melakukan perhitungan manual satu per satu, waktu kerjanya akan habis hanya untuk menghitung THR dan gaji ke-13. Dengan adanya payroll tersebutlah pekerjaannya menjadi lebih cepat selesai.

Fitur Payroll

Hingga saat ini sudah tersedia banyak sekali sistem payroll dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Adapun fitur payroll adalah sebagai berikut:

Sistem Administrasi Karyawan

Adapun yang dimaksudkan disini adalah payroll dapat menyimpan data karyawan. Sistem ini juga bisa digunakan untuk pendataan karyawan baru, karyawan yang akan pensiun dan mutasi karyawan. Data yang tercatat dalam sistem administrasi ini berupa jabatan yang dimiliki, status karyawan, CV dan cabang kantor mana yang ditempatinya.

Administrasi Non Karyawan

Fitur ini digunakan untuk mengelola administrasi golongan bukan karyawan. Namun, sistem ini tetap melakukan perhitungan pajak hingga bukti perhitungan PPh 21 serta laporan bukti potongan PPh21 secara tidak final.

Employee Self Service (ESS)

ESS payroll adalah sistem yang dapat diakses oleh karyawan, sehingga mereka dalam melihat informasi terkait data pribadinya di perusahaan tersebut. Selain itu, mereka juga bisa melihat berapa sisa cuti yang belum digunakan dan slip gaji. Menariknya adalah setiap karyawan juga bisa mengajukan cuti melalui aplikasi ESS dengan mudah dan cepat. Nantinya akan ada pemberitahuan melalui email atau notifikasi aplikasi.

Keuangan

Fitur keuangan disini maksudnya adalah untuk menghitung tunjangan yang diberikan, berapa biaya premi BPJS, laporan SPT tahunan dan masih banyak lainnya. Masing-masing tentunya membutuhkan perhitungan yang teliti, karena apabila tidak teliti bisa berakibat fatal.

Namun kamu tidak perlu bingung karena sekarang sudah tersedia sistem payroll yang mencakup fitur-fitur di atas. Fitur-fitur tadi bisa kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi gaji.id. Gaji.id merupakan sebuah sistem payroll online yang sudah teruji keakuratan serta kehandalannya dalam mengolah banyak sistem gaji di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *