Home » Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia

Contoh Soal PPh

Sebuah perusahaan memerlukan sistem pembangunan yang tidak hanya bersifat pembangunan secara fisik. Memperbaiki sumber daya manusia yang terlibat dalam aktivitas produksi sebuah perusahaan memerlukan peranan yang jauh lebih penting. Untuk itu perusahaan sangat membutuhkan manajemen sumber daya manusia yang matang. Berikut ini adalah alasan bahwa pengembangan manajemen SDM adalah hal yang paling penting bagi perusahaan:

Sumber Daya Manusia Adalah Aset Paling Berharga

Sebagai upaya dalam pembangunan sebuah perusahaan, SDM memiliki peranan yang sangat penting. SDM yang baik akan seiring dengan kemajuan pembangunan yang cepat. Dari SDM yang bagus lah akan muncul kebijakan unggulan, sistem kerja yang tertata serta produktivitas yang tinggi.

Pentingnya Manajemen SDM Untuk Perusahaan

Pengertian manajemen sumber daya manusia yang paling mendasar adalah mengenai sistem pengaturan manusia sebagai pekerja dalam perusahaan. Pelaksanaan  manajemen bila telah berhasil akan mendatangkan perubahan sangat signifikan. Yaitu sebagai berikut ;

Akan Dapat Melihat Laporan Mengenai Kualitas SDM

Sistem manajemen yang berjalan akan memberikan laporan terperinci mengenai bagaimana kualitas SDM yang dipekerjakan. Laporan merupakan bukti tertulis yang didasari pada pengamatan serta penelitian menurut teori pada manajemen manusia.

Manajemen SDM Akan membantu Menganalisis Masalah

Dengan adanya laporan yang telah disusun setelah mengunakan penerapan manajemen SDM pada karyawan. Maka selanjutnya laporan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk menganalisis adanya permasalahan yang timbul.

Permasalahan mendasar yang terjadi biasanya meliputi absensi yang buruk serta disiplin kerja yang kurang. Meskipun terlihat seperti permasalahan yang sepele, namun ini akan sangat menghambat kemajuan perusahaan. Untuk itu penyelesaian yang segera agar bisa dilakukan agar keadaan tidak semakin buruk dengan adanya problem pada SDM.

Penentuan Kebijakan Akan Menjadi Tepat Sasaran

Kemudian ketika masalah sumber daya manusia pada perusahaan telah diketahui untuk selanjutnya adalah langkah pengambilan kebijakan. Tanpa adanya laporan terperinci yang diambil dari proses pengamatan mendetail dengan menggunakan ilmu manajemen. Tentu tidak akan menghasilkan keputusan pengambilan kebijakan yang tepat sasaran.

Dengan memiliki kebijakan yang sesuai dengan permasalahan yang ada tentu penyelesaiannya akan menjadi tepat. Setelah itu perbaikan sedikit demi sedikit akan mengarah ke perubahan yang lebih baik dalam waktu yang singkat.

Tujuan Manajemen SDM Menjanjikan Perubahan Yang Besar

Keuntungan secara materiil memang menjadi tujuan dari pencapaian keberhasilan manajemen Sumber daya manusia. Namun sebelum itu semua terjadi, ada tujuan-tujuan mendasar yang ingin dicapai. Dimana tujuan mendasar inilah yang akan membidani dari lahirnya keuntungan dalam bidang finansial yang besar. Tujuan tersebut adalah ;

Perubahan Pada Etos Pekerja

Hal yang paling sulit dirubah adalah etos pekerja yang semau sendiri. Bekerja yang dilandasi untuk menukar waktu mereka dengan uang. Pekerja yang seperti ini akan sangat menghambat pertumbuhan dari perusahaan. Oleh itu manajemen memiliki tujuan untuk mengubah etos kerja karyawan menjadi etos kerja yang loyal.

Mementingkan Keselamatan Kerja

Jauh setelah manajemen telah berjalan, maka semua sektor dalam perusahaan akan berada dalam standar yang tinggi. Ini juga mencangkup keselamatan kerja yang terjaga. Hal ini dikarenakan bahwa pekerja memiliki pola pikir disiplin dan patuh yang tidak mudah goyah.

Menunjang Kemajuan Perusahaan

Kemajuan perusahaan bukan sebuah khayalan, manajemen menjanjikan hal itu secara nyata. Pekerja dengan semangat kerja dan disiplin yang benar menjadikan perubahan ke arah lebih baik menjadi lebih cepat terwujud.

Pengaturan mengenai manajemen sumber daya manusia dapat dilakukan dengan memanfaatkan HRD sebagai pemegang urusan kepegawaian. Untuk memudahkan dalam urusan ini aplikasi gaji.id dapat memberikan solusi. Aplikasi ini tidak hanya membantu dalam sistem gaji karyawan, namun lebih jauh bisa membuat analisa mengenai kualitas karyawan. Memiliki banyak fungsi untuk memudahkan urusan manajemen SDM suatu perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *