Home » Pengertian Slip Gaji Beserta Manfaatnya

Pengertian Slip Gaji Beserta Manfaatnya

Perlu diketahui bahwa gaji merupakan sebuah kewajiban dalam bentuk tunai yang diberikan oleh perusahaan kepada pekerja ataupun karyawan. Biasanya terdapat beberapa perusahaan yang memberikan selembar slip saat pembayaran gaji kepada karyawan. Selembar slip tersebut disebut dengan istilah slip gaji.

Pengertian Slip Gaji

Slip penggajian adalah sebuah dokumen yang nantinya akan dicetak sebagai bukti resmi penerimaan gaji kepada pekerja ataupun karyawan yang diberikan oleh perusahaan atau pemberi gaji. Biasanya selebaran slip tersebut berisi tentang gaji bersih, gaji pokok, penambahan gaji dan potongan gaji.

Manfaat Slip Gaji

Perlu diketahui bahwa selebaran slip yang diterima oleh para karyawan atau pekerja ternyata mempunyai beberapa manfaat. Manfaat dari slip tersebut dapat digunakan sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Berikut adalah beberapa penjelasan tantang manfaat slip yang diberikan pada saat gajian.

1. Untuk Syarat Pengajuan Kredit Sepeda Motor

Bagi yang ingin memiliki kendaraan roda dua, namun belum mempunyai cukup uang, alangkah baiknya untuk mengajukan kredit sepeda motor saja. Untuk dapat mengajukan kredit sepeda motor, seseorang harus menyiapkan syarat-syarat kredit terlebih dahulu salah satunya adalah slip gaji.

Perlu diketahui bahwa slip tersebut biasanya digunakan untuk membuktikan bahwa calon pembeli mempunyai pekerjaan tetap dan mampu membayar cicilan sepeda motor setiap bulannya. Jadi slip tersebut merupakan dokumen yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

2. Untuk Rujukan Saat Melamar Pekerjaan Baru

Saat seseorang melamar sebuah pekerjaan, alangkah baiknya untuk melampirkan sebuah slip penggajian pada surat lamaran. Hal itu dikarenakan, slip tersebut dapat digunakan sebagai bukti bahwa si pelamar pernah bekerja di sebuah perusahaan dan pernah mendapat gaji dengan nominal yang tertera pada slip tersebut.

Perlu diketahui bahwa slip penggajian nantinya bisa digunakan sebagai referensi bagi perusahaan dalam memberikan gaji yang layak kepada si pelamar. Setelah itu, gaji yang diberikan akan diperhitungkan berdasarkan keahlian yang dimiliki si pelamar.

3. Sebagai Pengajuan KPR Untuk Pembelian Rumah

Bagi seseorang yang ingin memiliki rumah namun belum punya cukup uang, alangkah baiknya untuk mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Perlu diketahui bahwa salah satu syarat untuk mengajukan KPR adalah slip penggajian. Biasanya pihak Bank akan meminta slip penggajian tersebut selama 3 sampai 6 bulan berturut-turut, dengan ketentuan telah bekerja pada sebuah perusahaan lebih dari 1 tahun.

4. Untuk Syarat Pengajuan Kredit Alat Elektronik

Hampir semua orang pasti menginginkan sebuah alat elektronik untuk memudahkan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Bagi yang ingin mempunyai alat elektronik namun belum mempunyai cukup uang, alangkah baiknya untuk mengajukan kredit alat elektronik.

Untuk dapat melakukan kredit alat elektronik, pembeli nantinya harus memberikan slip gaji. Slip  tersebut nantinya akan dijadikan pertimbangan dalam menentukan berapa besar cicilan tiap bulannya. Selain itu, slip tersebut juga dapat digunakan sebagai pertimbangan berapa kali pembeli harus membayar cicilannya.

5. Untuk Pengajuan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Bagi seseorang yang ingin mengajukan KTA atau kredit tanpa agunan, maka salah satu syarat yang harus dilampirkan adalah slip penggajian. Perlu diketahui bahwa KTA dapat digunakan untuk kebutuhan hidup manusia seperti pendidikan, kesehatan, pernikahan, renovasi rumah dan lain-lain.

Jadi nantinya pihak Bank akan memperhitungkan dan menilai nominal yang tertera pada slip tersebut untuk menentukan apakah calon kreditur layak atau tidak untuk mendapatkan fasilitas KTA. Perlu diketahui bahwa nominal gaji yang tertera dalam slip tersebut nantinya akan dapat menentukan besaran cicilan yang dapat diambil oleh kreditur.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang pengertian slip gaji beserta manfaatnya. Bagi perusahaan atau pemberi gaji yang tidak ingin bingung dan repot dalam penghitungan gaji dan pembuatan slip penggajian, langsung saja pasang aplikasi Gaji.id. Gaji.id merupakan aplikasi yang dapat mempermudah semua urusan administrasi HRD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *