Home » Pengertian Slip Gaji Dan Contoh Slip Gaji Karyawan Yang Bisa Diedit

Pengertian Slip Gaji Dan Contoh Slip Gaji Karyawan Yang Bisa Diedit

aplikasi slip gaji

Aplikasi slip gaji memudahkan anda untuk membuat slip gaji karyawan. Slip gaji karyawan ditulis oleh setiap perusahaan sebagai apresiasi terhadap kerja keras karyawan yang sudah bekerja selama 1 bulan. Karyawan berhak menerima gaji sebagaimana yang dijanjikan oleh perusahaan saat awal masuk kerja. Contoh slip gaji karyawan yang bisa diedit adalah data gaji dari laporan yang dibuat.

Terkadang ada saja kekeliruan yang terjadi dalam pembuatan slip gaji, jadi perlu diedit agar slip gaji tidak rancu. Contoh slip gaji ini karyawan yang bisa diedit ini dapat ditulis secara manual maupun diketik. Sebagian perusahaan mengambil jalan pintas dengan mengetik langsung slip gaji dan menyimpannya sebagai konsep yang dapat diedit.

Pengertian Slip Gaji

Slip gaji adalah tanda bukti pemberian gaji dari perusahaan terhadap seorang karyawan. Banyak jenis slip gaji tergantung dengan isi dari gaji tersebut. Semakin tinggi jabatan seseorang dan semakin banyak intensif yang didapat, maka akan semakin banyak pula isi dari slip gaji tersebut.

Slip gaji karyawan diperlukan oleh kedua belah pihak karena penggunaannya yang penting. Untuk karyawan, slip gaji berguna untuk digunakan sebagai acuan gaji yang akan diterima beserta insentif dan beberapa potongan terkait gaji seperti pajak. Untuk perusahaan, slip gaji berguna sebagai kontrol keuangan perusahaan agar perusahaan dapat mengetahui pengeluaran perusahaan selama 1 bulan-nya.

Contoh Slip Gaji Karyawan Yang Bisa Diedit Dalam Bentuk Format Yang Benar

Dalam penulisannya, tentu slip gaji tidak boleh salah. Ada format tertentu yang dipakai oleh perusahaan terhadap pembuatan slip gaji karyawan. Slip gaji karyawan yang bisa diedit mengandung beberapa elemen dalam pembuatannya yaitu gaji pokok, tunjangan, penghasilan lain, potongan hutang, pajak penghasilan dan sebagainya.

Dalam sistem penulisannya, slip gaji karyawan berbentuk blangko seperti kwitansi dengan berisi elemen-elemen yang tertulis seperti diatas. Perhitungan final gaji seseorang akan ditentukan setelah menghitung beberapa potongan atau iuran karyawan yang diambil dari gaji karyawan tersebut.

Contoh :

CONTOH LAPORAN SLIP GAJI KARYAWAN

Nama Perusahaan :  Graha Corporation

Tanggal Periode     : 30 Agustus 2019

Departemen            :  EDP, IT, and Communication

NIK                             : 23

Nama Karyawan    : Doni

Jabatan                      : Staff EDP

Penerimaan (+)

Gaji Pokok Harian     = 1.500.000,-

Uang Kehadiran         =    300.000,-

Uang Transport          =      50.000,-

Uang Lembur              = 1.000.000,-

Uang Makan                =     300.000,-

Bonus                            =     200.000,-

Uang Service Motor  =     150.000,-

Total                              = 3.500.000,-

Pengurangan (-)

Potongan Absen          =     40.000,-

Potongan Terlambat  =   120.000,-

Potongan BPJS             =    350.000,-

Potongan Pajak           =     500.000,-

Total                              =  1.010.000,-

Nama Perusahaan :  Graha Corporation

Tanggal Periode     : 30 Agustus 2019

Departemen            :  EDP, IT, and Communication

NIK                             : 23

Nama Karyawan    : Doni

Jabatan                      : Staff EDP

Gaji yang diterima oleh Karyawan : 2.490.000,-

Yang Memberi,                                                                                                 Yang Menerima,

Mariana                                                                                                                      Doni

Admin Accounting                                                                        Staff Engineer Development Person

Pemberian slip gaji kini dapat diubah sesuai dengan nama karyawan dan jabatan yang dipegang sekarang. Serta isi dari pemberian gaji dapat disesuaikan dengan yang diterima oleh karyawan itu sendiri. beberapa perusahaan sudah menggunakan konsep kwitansi tercetak yang langsung dapat diisi sesuai dengan jumlah dan potongan yang dimiliki setiap karyawan.

Slip gaji sebenarnya hanyalah sebagai bentuk formalitas saja. Biasanya pemberian slip gaji akan didahulukan dengan absensi wajib yang berisi daftar hadir lengkap dengan sanksi yang dilakukan oleh setiap karyawan agar para karyawan sudah mengetahui berapa kisaran gaji yang akan mereka terima. Kini slip gaji bisa dibuat melalui aplikasi slip gaji.

Pembuatan contoh slip gaji karyawan yang bisa diedit ini dapat menggunakan aplikasi slip gaji yang difasilitasi oleh gaji.id. Karena gaji.id kini memiliki banyak contoh mengenai slip gaji dan beberapa surat penting perusahaan lainnya. Contoh slip gaji karyawan dapat ditemukan dengan mudah di gaji.id dengan cara mencarinya lewat kata kunci. Dengan gaji.id pembuatan slip gaji menjadi lebih mudah dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *