Home » Pengertian, Tujuan Dan Proses Penilaian Kinerja Karyawan

Pengertian, Tujuan Dan Proses Penilaian Kinerja Karyawan

Penilaian kinerja karyawan ini biasanya dilakukan saat mendekati pergantian musim. Musim yang dimaksud disini bukan musim hujan apalagi musim panas, tetapi musim pergantian karyawan. Penilaian kinerja karyawan akan dievaluasi dalam setiap tahunnya. Di sini akan membahas apa itu pengertian, tujuan, dan proses penilaian kerja.

Pengertian Dan Tujuan Penilaian kinerja

Penilaian kinerja adalah penilaian atau evaluasi akhir terhadap hasil kerja keras karyawan. Selain itu juga akan dibandingkan dengan standar yang ada baik kualitas maupun kuantitas yang sudah ditetapkan sebelumnya. Adapun tujuan dari penilaian kinerja adalah untuk melakukan peninjauan terhadap karyawan.

Selain itu juga untuk melihat prestasi dari kinerja karyawan tersebut selama bekerja di perusahaan. Tujuan dilakukannya penilaian atau evaluasi kinerja banyak lagi yang lainnya. Seperti menetapkan gaji karyawan tersebut, atau jika ada kenaikan jabatan bisa dilakukan evaluasi.

Proses Penilaian Atau Evaluasi  Kinerja

Dalam menilai kinerja karyawan terdapat beberapa tahapan atau proses yang harus dilakukan oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan penilaian kinerja adalah suatu proses yang terus berlanjut dan akan menentukan baik tidaknya bagi perusahaan. Penilaian tersebut bisa dilakukan secara terang terangan atau tertutup. Berikut ini adalah proses dalam penilaian atau evaluasi kinerja karyawan:

Menganalisis Pekerjaan

Hal yang dilakukan pertama tama adalah melakukan analisis pekerjaan. Proses ini dapat dilakukan dengan dimulai dari menganalisis jabatan atau posisi. Bagaimana karyawan tersebut melakukan pekerjaan sesuai jabatan yang diemban. Dan juga menyiapkan data yang dibutuhkan untuk proses penilaian kinerja karyawan.

Menentukan Standar Kinerja

Pada proses penentuan standar kinerja ini digunakan untuk mencocokkan standar kerja perusahaan dengan kinerja dari karyawan tersebut. Melalui perbandingan ini maka dapat diidentifikasi apakah kinerja dari karyawan tersebut baik bagi perusahaan atau tidak. Pada setiap perusahaan memiliki standar kerja yang berbeda beda.

Menentukan System Penilaian Kinerja

System penilaian ini terdapat empat system yang bisa digunakan. Yaitu yang pertama adalah system penilaian ini dengan menggunakan tingkah laku saat berada di lingkungan kerja atau biasa disebut Behaviour Appraisal. hal ini dilakukan dengan cara mengamati tingkah laku karyawan yang bersangkutan atau dengan cara bertanya ke teman satu divisi bagaimana tingkah laku karyawan tersebut.

Yang kedua adalah dengan menggunakan yang didasari atas sifat karyawan tersebut system ini biasa disebut dengan personel/performer appraisal. Pada system ini hampir sama dengan yang diatas hanya perbedaannya jika sifat lebih kepada pribadi karyawan itu sendiri. Seperti bagaimana sifat karyawan tersebut jika menghadapi suatu masalah.

Ketiga ada penilaian yang berdasarkan hasil kerjanya atau result oriented appraisal. Penilaian ini berdasarkan hasil kerja setelah bekerja keras. Hasil kerja ini menentukan apakah merugikan perusahaan atau sebaliknya.

Yang keempat adalah contingety appraisal atau penilaian atas dasar kombinasi yang terdiri dari beberapa unsur. Unsur tersebut yaitu  ciri, sifat, tingkah laku, dan evaluasi hasil kerja. Jika menggunakan metode ini memang lebih ribet dan lebih lengkap dari pada yang lainnya. Karena pada system ini mencangkup semua system yang ada diatas.

Apabila sebuah perusahaan besar lebih baik menggunakan yang terakhir. Untuk penilaian bisa dengan menggunakan data yang sudah disiapkan sebagai landasan menilai dan umpan balik.

Diskusikan Dengan Atasan Langsung

Proses yang selanjutnya adalah dengan mendiskusikan agar tercapai tujuan bersama. Hal ini  bertujuan agar saat melakukan proses penilaian kerja dilakukan secara fair dan objektif.

Dengan mengetahui proses tersebut, Anda dapat melakukan penilaian yang efektif dan menurut Anda benar. Saat ini Anda tidak perlu lagi khawatir dan bingung jika ingin menyimpan data anda. Sebenernya ada penilaian yang tak kalah penting yaitu kerajinan yang dimiliki karyawan tersebut. Namun untuk memantau kerajinan gimana? Tenang kini ada gaji.id yang bisa membantu mengelola data absensi dan cuti. Coba aplikasi Gaji.id sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *