Home » Penting! Cara Cek BPJS Kesehatan Perusahaan

Penting! Cara Cek BPJS Kesehatan Perusahaan

Cara Membuat slip gaji, Cek BPJS Kesehatan Perusahaan

Teknologi semakin mumpuni dan membuat Indonesia mampu bersaing secara internasional. Terutama hadirnya aplikasi Gaji.id yang merupakan aplikasi payroll online atau pengolahan penggajian online bagi perusahaan. Bahkan melalui Gaji.id cek BPJS kesehatan perusahaan dapat dilakukan dengan efisien.

Sejatinya cek BPJS kesehatan perusahaan dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu penghitungannya pun dapat dicek agar menjadi pemahaman. Untuk itu dibawah ini ada cara cek BPJS kesehatan perusahaan beserta cara perhitungannya, antara lain:

1. Cek BPJS Kesehatan Perusahaan Melalui Website

Cara cek BPJS kesehatan perusahaan yang pertama dapat dicek melalui website. Tentunya hal ini dapat dilakukan kapan saja saat ada waktu luang karena pengecekannya memang secara online. Caranya pun cukup mudah, langkah pertama adalah mengunjungi website BPJS.

Setelah website tersebut terbuka maka masukkan 13 digit nomor kartu BPJS kesehatan dan tanggal lahir pemilik BPJS secara benar. Selesai, dan pemilik BPJS kesehatan perusahaan dapat cek BPJS kesehatan perusahaan secara online dan rutin, apalagi pengecekan online ini dapat dilakukan melalui PC maupun Smartphone.

2. Cek BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi

Selain cek BPJS kesehatan perusahaan dapat melalui website, namun pengecekan juga dapat dilakukan melalui Aplikasi. Bahkan aplikasi pengecekan dapat dilakukan dengan 2 aplikasi yang berbeda. Aplikasi pertama adalah aplikasi resmi BPJS dan aplikasi yang ke 2 menggunakan aplikasi pihak ke 3 seperti tokopedia.

Untuk cara cek BPJS kesehatan perusahaan melalui aplikasi resmi BPJS, maka wajib mendownload  dan menginstal aplikasi BPJS kesehatan dari playstore. Aplikasi tersebut bernama Mobile JKN, setelah terinstal maka wajib mengisikan data diri secara lengkap dan benar, termasuk ID pelanggan BPJS kesehatan. Hal itu bertujuan agar pengecekan tagihan BPJS dapat dilakukan.

Setelah itu, pada tampilan muka maka pilihlah menu pembayaran. Selesai, cukup mudah dan praktis dan tentunya tanpa memasukkan ID pelanggan BPJS secara terus menerus saat melakukan pengecekan.

Sama halnya melalui aplikasi resmi BPJS, cara cek BPJS kesehatan perusahaan melalui Tokopedia juga mudah dilakukan. Caranya cukup membuka aplikasi Tokopedia pemilik BPJS dan pilih menu Tagihan. Lalu carilah menu BPJS didalam menu tagihan tokopedia tersebut, setelah itu masukkan 13 digit nomor BPJS anda. Selesai. Sekarang pengecekan BPJS kesehatan perusahaan dapat dicek secara rutin melalui aplikasi tokopedia.

3. Cek BPJS Kesehatan Perusahaan Melalui ATM

Langkah ke 3 juga mudah dilakukan, dimana pengecekan BPJS kesehatan perusahaan dapat dilakukan melalui ATM terdekat dan dapat membayar tagihan saat itu juga. Caranya juga mudah, pertama masukkan kartu debit pemilik BPJS, kemudian pilih menu Bayar, pilih menu Lainnya, setelah itu pilih menu BPJS.

Namun perlu diingat, saat memilih menu BPJS wajib memilih menu BPJS Kesehatan . Kemudian pilih menu Badan Usaha, dan masukkan ID BPJS kesehatan anda dengan benar. Setelah itu masukkan nominal tagihan yang harus dibayarkan, dan caranya selesai.

4. Cek BPJS Melalui Kantor Cabang BPJS Terdekat

Sejatinya pemegang kartu BPJS terkadang ada yang memilih mendatangi kantor BPJS ketimbang mengecek BPJS secara online. Hal itu terdapat berbagai alasan yang mendukung, seperti lebih mudahnya pengecekan dengan menanyakan pada pengawas BPJS tanpa perlu pusing mengetahui cara pengecekan online. Selain itu dengan mengecek secara langsung, dapat menanyakan segala hal kepada petugas apabila ada yang kurang paham mengenai BPJS kesehatan ataupun iuran yang dibebankan setiap bulan.

5. Cek BPJS Kesehatan Perusahaan Melalui SMS

Sejatinya cek BPJS kesehatan perusahaan dapat melalui SMS. Dimana yang dipakai adalah memanfaatkan SMS gateaway atau layanan informasi dua arah yang disampaikan melalui pesan singkat atau SMS. Sementara pengecekannya wajib menggunakan format, yaitu Tagihan <spasi> Nomor kartu BPJS Kesehatan  lalu kirim ke 087775500400. Bahkan untuk mengetahui format penulisan SMS gateaway BPJS juga cukup mudah, yaitu dengan mengetik HELP dan kirim ke nomor 087775500400.

Teknologi dan perkembangannya memang direalisasikan untuk Indonesia. Tinggal bagaimana masyarakat dan perusahaan Indonesia memanfaatkan dengan baik fasilitas digitalisasi yang ada. Untuk itu kehadiran Gaji.id dapat dicoba agar pekerjaan dan perusahaan semakin berkembang dan mensejahterakan masyarakat Indonesia. Pastinya memudahkan setiap pemilik kartu BPJS kesehatan perusahaan dapat mengoptimalkan BPJS untuk kehidupannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *