Home » Pentingnya Penggunaan Absensi Online Yang Memiliki Berbagai Keuntungan

Pentingnya Penggunaan Absensi Online Yang Memiliki Berbagai Keuntungan

Penilaian kualitas pekerja bagi sebuah perusahaan sangatlah penting untuk melihat bagaimana kinerja pekerjanya. Salah satunya dengan melihat absensi sehari-hari yang juga mencerminkan perilaku pekerja. Selain itu, absensi juga bersangkutan dengan perhitungan gaji, upah, dan tunjangan bagi karyawan. Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi yang dapat memudahkan dalam kebutuhan absensi bagi sebuah perusahaan misalnya dengan absensi online.

Pentingnya Penggunaan Absensi Online

Pada era yang serba online ini semua dapat dipermudah dan dipercepat. Hampir semua sistem di berbagai perusahaan beralih ke media online. Salah satunya dengan sistem absensi yang juga dapat dilakukan secara online. Bagi perusahaan besar dengan jumlah karyawan yang sangat banyak tentu akan membutuhkannya. Absensi online sangat penting untuk mempercepat melakukan rekap absensi karyawan.

Penggunaan absensi online kini semakin beragam dengan segala kecanggihan fiturnya yang akan memudahkan perusahaan dan karyawan. Jika biasanya absensi dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu dan tenaga untuk melakukan rekap. Bahkan terkadang bisa terjadi kecurangan dan kekeliruan di dalamnya. Maka disinilah peran penting sistem absensi secara online yang dapat meminimalisir hal tersebut.

Keuntungan Penggunaan Absensi Online Bagi Perusahaan dan Pekerja

Penggunaan absensi ini akan memberikan kemudahan serta kelancaran dalam proses pengelolaan absensi. Dengan beragam keunggulan yang dimiliki oleh sistem absensi yang dilakukan secara online akan memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan dan karyawan. Berikut keuntungan penggunaan absensi ini baik bagi perusahaan maupun pekerja :

1. Memudahkan Rekap Gaji Bulanan

Perusahaan yang menggunakan absensi secara online bagi karyawannya akan memudahkan dalam proses rekap absensi bulanan. Rekap tersebut akan terhubung dengan fitur lainnya mulai dari fitur gaji, pembayaran BPJS, hingga perhitungan PPh 21. Selain itu, juga dapat merekap absensi karyawan yang lembur sekaligus perhitungan insentifnya.

2. Perhitungan Gaji Menjadi Lebih Cepat

Setelah diperoleh rekap absensi karyawan tentu selanjutnya berkaitan dengan perhitungan gaji karyawan. Dengan adanya sistem absensi ini semua perhitungan gaji menjadi lebih cepat sehingga dapat meminimalkan terjadinya terlambat gajian. Semua perhitungan absensi dan gaji sudah menjadi satu kesatuan dalam sebuah sistem. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi gaji.id yang juga bisa memberikan layanan absensi beserta perhitungan gaji yang lebih mudah.

3. Perhitungan Jam Kerja Karyawan Menjadi Lebih Akurat

Absensi yang dilakukan secara online akan selalu memberikan data yang akurat hal ini dimungkinya adanya sinkronisasi secara realtime. Mulai dari jam berapa karyawan melakukan absensi hingga jam berapa karyawan melakukan absensi terakhir dapat dihitung secara akurat. Perhitungan yang akurat ini juga dapat meminimalkan kekeliruan terkait perhitungan jam kerja karyawan.

4. Mengontrol Kinerja Karyawan Secara Realtime

Bagi personalia sebuah perusahaan akan semakin dimumdahkan dengan adanya abensi yang dilakukan secara online. Sistem absensi yang terhubung ke internet akan dapat mengontrol kinerja karyawan secara realtime. Mulai dari kehadiran setiap harinya, ketidakhadiran, hingga keterlambatan karyawan. Bahkan juga bisa mengontrol jam lembur karyawan serta melihat seberapa rajin karyawan yang datang lebih awal. Oleh karena itu, personalia dapat dengan mudah melakukan penilaian terhadap kinerja karyawan.

5. Lebih Hemat Waktu dan Biaya

Bagi karyawan, penggunaan absensi ini akan lebih menghemat waktu sehingga dapat meningkatkan kinerjanya. Jika biasanya karyawan melakukan absensi secara manual maka sedikit menyita waktu dan bahkan harus mengantri dengan karyawan lainnya. Namun, dengan adanya absensi ini maka dapat lebih menghemat waktu karena dapat dilakukan sendiri secara online. Sedangkan bagi perusahaan hal ini akan sangat menguntungkan dari segi biaya karena lebih hemat dalam penggunaan perangkat.

Penilaian kinerja karyawan yang dinilai dari absensi akan memerlukan rekap yang perhitungannya cukup menyita waktu. Namun, dengan adanya sistem absensi online akan dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan dan karyawan. Salah satunya dengan menggunakan gaji.id yang bisa melakukan perhitungan absensi sekaligus terhubung ke berbagai fitur pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *