Home » Pentingnya Slip Gaji Bagi Karyawan dan Perusahaan

Pentingnya Slip Gaji Bagi Karyawan dan Perusahaan



Slip gaji merupakan bukti resmi atas penerimaan gaji dari hasil kerja pegawai atau karyawan. Di dalamnya terdapat beberapa hal seperti nominal tertentu hingga rinciannya yang biasanya meliputi gaji pokok, penambahan gaji, hingga pinjaman. Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa slip gaji memang penting untuk membuat laporan keuangan suatu perusahaan.

Bukan hanya bagi perusahaan, pada dasarnya bukti pembayaran gaji juga penting bagi pegawai atau karyawan. Hal itu bertujuan untuk mengetahui beberapa rincian pembayaran gaji yang telah diterimanya. Mengenai sistem pemberian gaji sendiri setiap perusahaan mempunyai metode dan bentuk yang berbeda.

Manfaat Slip Gaji

Adapun manfaat diterbitkan slip gaji bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bukti secara resmi bahwa perusahaan sudah melakukan pembayaran gaji kepada karyawan selam periode tertentu. Di samping itu juga sebagai salah satu bukti bahwa perusahaan menjalankan kewajibannya kepada pegawainya.
  2. Sebagai dokumentasi penting atas pencatatan atau laporan mengenai keuangan perusahaan, khususnya dalam objek pengeluaran dana.

Sementara itu, bagai karyawan sendiri bukti pembayaran gaji berfungsi sebagai berikut:

  1. Sebagai bukti mengenai kejelasan komponen gaji yang diterima selama bekerja dalam suatu periode.
  2. Sebagai bukti sah mengenai informasi potongan pajak dan setoran pajak penghasilan yang harus dibayar oleh pegawai yang bersangkutan.
  3. Sebagai referensi sekaligus bukti asli bagi penyelenggara kredit dan sebagainya jika misalnya pegawai yang bersangkutan mengajukan permohonan kredit ataupun pinjaman tertentu.
  4. Sebagai referensi bagi pegawai yang bersangkutan untuk melamar pekerjaan baru, khususnya pada posisi yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya saat melamar pekerjaan, Anda bisa memberitahukan nominal gaji sesuai dengan bukti pembayaran gaji yang Anda miliki.

Mengingat pentingnya bukti penerimaan gaji tersebut, sebaiknya pegawai selalu menyimpan dengan baik. Suatu saat bukti tersebut akan dibutuhkan untuk suatu kepentingan. Begitu pula dengan perusahaan biasanya mempunyai salinan atau semacamnya juga sebagai bukti.

Saat penerimaan bukti gajian, biasanya saat itulah pegawai atau karyawan perusahaan menerima beberapa nominal gaji sebagai imbalan atas kerja yang dilakukannya dalam periode tertentu. Pastinya hal itu juga sudah menjadi hak pegawai.

Metode Pembayaran Gaji

Pembuatan slip gaji pada suatu perusahaan mempunyai sistem dan metode yang berbeda. Secara umum metode yang sering digunakan oleh perusahaan ada dua yaitu metode gaji netto, gross, dan gross up.

Metode gaji netto merupakan metode pembayaran gaji, dimana penetapan pajak penghasilan sudah ditanggung oleh perusahaan. Artinya, pajak perusahaan telah menanggung pajak penghasilan para pegawainya sesuai dengan nominal yang telah ditentukan dalam peraturan ataupun undang-undang ketenagakerjaan.

Metode netto bisa dikatakan bahwa gaji yang diberikan oleh perusahaan kepada pegawai merupakan gaji bersih yang sudah dipotong dengan beberapa hal termasuk pajak penghasilan. Hanya saja perusahaan harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak dari perhitungan awal.

Metode gross adalah sistem pembayaran gaji, dimana perusahaan tidak memberi tunjangan maupun menanggung beban pajak karyawan. Artinya, pegawai harus membayar pajak penghasilan yang dipotong dari gaji pokok yang sudah diterimanya dari perusahaan. Perhitungan metode ini seringkali dinilai lebih adil bagi pegawai.

Sementara itu, metode gross-up merupakan cara pembayaran gaji, dimana karyawan diberi tunjangan tersendiri oleh perusahaan yang besarnya sesuai dengan pajak yang harus dibayar. Artinya, setiap pegawai harus membayar pajak penghasilannya sendiri dari tunjangan pajak yang telah diberikan oleh perusahaan.

Pada dasarnya semua metode mempunyai kelemahan dan keunggulan masing-masing. Hanya saja HR harus lebih teliti dan pandai dalam mengatur dan memperhitungkan hal itu. Oleh sebab itu, untuk memudahkan perhitungan gaji, yuk gunakan payroll online atau pengolahan gaji online seperti Gaji.id



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *