Home » Program BPJS Tenaga Kerja Yang Menguntungkan Pesertanya

Program BPJS Tenaga Kerja Yang Menguntungkan Pesertanya

BPJS tenaga kerja atau Ketenagakerjaan ini merupakan salah satu program pemerintah yang membelikan jaminan sosial bagi pekerja. Jaminan tersebut berkaitan dengan berbagai program yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan yang bermanfaat bagi masa depan pekerja. Oleh karena itu, berbagai perusahaan dihimbau untuk mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan berasal dari berbagai sektor baik formal maupun non formal.

Mengapa Harus Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Tenaga Kerja sangat penting bagi tenaga kerja karena banyaknya risiko yang mungkin dialami oleh pekerja. Salah satunya karena angka kecelakaan kerja yang masih tinggi. Selain itu, terdapat risiko lainnya bahkan hingga risiko kematian. Oleh karena itu, perlu melakukan persiapan menghadapi segala kemungkinan yang terjadi dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki berbagai jenis program perlindungan. Bagi pekerja akan sangat menguntungkan karena dapat mendapatkan beberapa perlindungan dan jaminan sekaligus dalam satu produk. Selain itu, besaran iurannya juga cukup terjangkau baik bagi perusahaan pemberi kerja maupun bagi pekerja.

Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Iuran BPJS Tenaga Kerja ini memiliki beberapa ketentuan yang harus diketahui oleh pemberi kerja dan pekerja. Besarnya iuran per bulan adalah 5% yang dibebankan sebesar 4% oleh perusahaan dan 1% dipotong dari gaji bulanan pekerja. Iuran tersebut berlaku untuk maksimal pasangan suami istri dan 3 orang anak. Jika memiliki anggota keluarga lebih dari itu makan dikenakan tambahan biaya 1% per orang.

Bagi pekerja, perhitungan iuran BPJS bisanya dilakukan oleh perusahaan pemberi kerja sekaligus dengan menghitung besarnya upah per bulan. Banyaknya karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan tentunya tidak mungkin dilakukan perhitungan satu per satu. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang dapat memudahkan perhitungan iuran BPJS. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi gaji.id.

Program yang Dimiliki BPJS Tenaga Kerja

BPJS bagi tenaga kerja memiliki berbagai program yang akan memberikan manfaat bagi pekerja. Manfaat tersebut diantaranya melindungi pekerja aktif dalam melaksanakan kegiatannya di tempat kerja. Selain itu, pekerja dapat bekerja dengan tenang tanpa memikirkan risiko yang tidak pasti datangnya. Berikut program BPJS Ketenagakerjaan yang bisa menjamin risiko yang mungkin terjadi bagi pekerja :

1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Bagi Pekerja Aktif

Jaminan ini bertujuan memberikan jaminan terhadap segala kemungkinan terjadinya kecelakaan yang terjadi pada pekerja. Kecelakaan tersebut merupakan kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh kegiatan di tempat kerja atau saat perjalanan kerja. Selain itu, program tersebut juga bermanfaat jika pekerja mengalami sakit yang disebabkan oleh pengaruh di lingkungan kerja.

2. Program Jaminan Kematian (JKM)

Jaminan ini hanya berlaku bagi pekerja yang meninggal dunia. Jika terjadi meninggal dunia oleh pekerja yang  tidak disebabkan oleh kecelakaan kerja maka jaminan ini menjadi hak ahli waris. Hak tersebut dapat di klaim dalam jangka waktu 2 tahun setelah terjadinya kematian oleh pekerja.

3. Program Jaminan Hari Tua (JHT)

BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya memberikan jaminan pekerja saat masih aktif bekerja saja. Namun, juga berfungsi untuk memberikan jaminan di hari tua khususnya bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Program ini akan memberikan jaminan sosial berupa risiko sosial dan ekonomi para pekerja kelak di hari tua.

4. Program Jaminan Pensiun

Para pekerja yang akan memasuki masa pensiun akan memperoleh manfaat dari program yang satu ini. Program ini bermanfaat untuk menjamin kehidupan pekerja saat mendekati masa pensiun. Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menerima jaminan ini akan memperoleh haknya berupa dana yang dicairkan setiap bulannya di masa pensiun.

BPJS tenaga kerja berkaitan dengan jaminan terhadap segala risiko yang terjadi oleh pekerja. Besarnya iuran hingga bagaimana proses pembayarannya terkadang menjadi persoalan tersendiri bagi perusahaan. Namun, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi yang dapat membentuk segala proses yang berkaitan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi gaji.id yang dapat membantu perusahaan dalam mengikuti segala prosedur BPJS Ketenagakerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *