Home » Saatnya Perusahaan Pakai Absen Online!

Saatnya Perusahaan Pakai Absen Online!

Merekap kehadiran karyawan kadang dianggap merepotkan. Sehingga beberapa perusahaan sering keliru, bahkan meniadakan absen guna mengurangi jumlah pekerjaan unit HRD. Padahal, dengan memerhatikan kedisiplinan pegawai, bisa menjadi dasar pengambilan suatu keputusan. Adanya sistem absen online adalah solusi dari permasalahan ini.

Penerapan sistem ini membuat setiap pegawai fleksibel. Di jamannya remote working, aplikasi absensi online populer digunakan. Pegawai tidak perlu datang ke kantor untuk menulis kehadiran di selembar kertas. Atau mampir sebentar untuk menempelkan jari di mesin finger print. Sistem ini tak hanya bermanfaat bagi pegawai saja, simak beberapa keuntungannya bagi perusahaan:

1. Mendorong Produktivitas

Setiap perusahaan memiliki standar jam kerja masing-masing. Umumnya total jam kerja setiap pegawai adalah 9 jam, termasuk 1 jam untuk istirahat. Dengan sistem online, setiap pegawai mengetahui betul jam berapa mulai bekerja dan kapan harus berakhir. Informasi yang diberikan sangat detail ke menit dan detik mulai absen, hingga lamanya kerja hari itu.

Sistem ini pun membuat lembur tidak dapat dilakukan begitu saja. Cara konvensional seringnya membuat pegawai mengada-ada pekerjaan. Namun jika sudah online, dibutuhkan persetujuan langsung dari atasan. Tanpa adanya persetujuan, maka jam kerja lebih tidak akan diperhitungkan. Ini akan membuat pegawai memaksimalkan waktu kerjanya di kantor.

2. Tolak Ukur Kinerja

Salah satu dasar penilaian pegawai adalah kedisiplinan kehadirannya. Ini sering menjadi penentu apakah pegawai tersebut patut diberikan apresiasi lebih atau tidak. Meskipun cerdas dan sopan, tak jarang absensinya malah banyak yang kosong. Dengan sistem absen online, penilaian pegawai menjadi lebih akurat dan jelas.

Data yang ditampilkan pun menghindari kecurangan di internal perusahaan. Jumlah jam kerja yang terakumulasi adalah bukti sesungguhnya kehadiran seorang pegawai. Tidak ada lagi istilah titip absen atau memanipulasi lembar isian absen. Karena untuk melakukan absensi online dibutuhkan akses berbeda setiap orangnya.

3. Transparasi

Ini sangat bermanfaat bagi perusahaan yang menerapkan sistem gaji berdasarkan jam kerja. Seperti yang disebutkan di atas, absen online menampilkan informasi detail jumlah jam kerja. Data ini bisa diakses secara real-time dan juga mundur ke periode sebelumnya. Dengan begitu, baik perusahaan atau pun pegawai, sama-sama mengetahui total jam kerja.

Apabila terjadi perbedaan perhitungan, setiap pihak bisa menghitung kembali masing-masing. Pegawai tidak perlu bergantung pada data HRD. Begitu pun perusahaan bisa menghindari perdebatan dengan pegawainya. Data jam kerja terintegrasi dan tidak berbeda antara perusahaan dan pegawai.

4. Real Time Data

Absen yang dilakukan secara online tidak dapat backtrack atau mundur ke tanggal sebelumnya. Di saat itu pegawai mengakses aplikasi, maka langsung terhitung jam masuk atau jam usai kerjanya. Ada beberapa aplikasi yang menyediakan fitur manual attendance. Ini biasanya diperuntukkan kalau pegawai lupa absen atau tidak mendapat jaringan yang baik.

Namun demikian, persetujuan atasan tetap dibutuhkan. Jika ada approval, maka jam kerja pegawai tersebut dapat diperhitungkan. Pegawai tidak dapat membohongi perusahaan dengan menambahkan jam kerja atau lemburan. Sehingga perusahaan tidak perlu membayar jam kerja yang sebenarnya tidak dipenuhi pegawai.

5. Penghematan Biaya

Teknologi terus berkembang dan berupaya untuk mengefisiensikan segala hal. Termasuk di dalamnya adalah pemotongan biaya operasional. Jika perusahaan menerapkan sistem absen online, maka biaya listrik akan menurun. Tidak ada lagi keperluan listrik untuk mesin finger print. Biaya perawatan dan peremajaan mesin itu pun bisa dicoret.

Metode absen secara online hanya membutuhkan jaringan internet dan gadget, baik laptop, tablet, bahkan telepon selular. Selama aplikasi sudah terinstal dan terkoneksi internet, maka setiap pegawai bisa melakukan absensi.

Sangat simpel bukan dengan adanya absen online? Jika berminat, perusahaan Anda tidak perlu membuat aplikasi baru. Biarlah tim gaji.id yang akan menyelesaikan semuanya. Kami akan mengenalkan aplikasi absensi pegawai yang sangat mudah digunakan. Anda akan kami dampingi mulai dari perencanaan, pengembangan aplikasi sesuai kebutuhan, hingga implementasi di lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *