Home » SDM adalah, Ini Pengertian Dan Fungsinya

SDM adalah, Ini Pengertian Dan Fungsinya

Setiap negara pasti mempunyai dan membutuhkan sumber daya manusia atau yang sering disebut dengan sdm. Sumber daya manusia tersebut dibutuhkan untuk memenuhi sebuah tujuan yang ingin dicapai oleh negara tersebut. Tujuan yang ingin dicapai oleh suatu negara misalnya dalam bidang sosial, pendidikan dan ekonomi. Jadi kesimpulannya, SDM adalah  individu atau kelompok orang yang bekerja di suatu perusahaan demi mencapai tujuan perusahaan. Berikut adalah beberapa pengertian dan fungsi sumber daya manusia

Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Para ahli telah merumuskan dan membuat serta merancang sebuah arti  dari sumber daya manusia (sdm). Tadi di atas sudah dijelaskan pengertian dari sumber daya manusia secara luas dan berikut adalah beberapa pengertian sumber daya manusia menurut para ahli antara lain:

  1. Ermaya

Menurut Ermaya SDM adalah  sebuah faktor utama yang sangat penting terhadap setiap pembangunan suatu negara, perusahaan ataupun organisasi. Dalam sebuah pembangunan tersebut sumber daya manusia atau sdm sangat berperan penting dan memberikan pengaruh yang sangat besar jadi harus selalu diatur dan dijaga.

Sumber daya manusia mempunyai 2 peran yaitu sebagai subyek dan sebagai obyek dalam proses pembangunan. Sebuah perusahaan yang menggunakan sumber daya manusia akan bertanggung jawab terhadap sumber daya manusia tersebut dengan memberikan sebuah tunjangan atau gaji.

  1. Sonny Sumarsono

Pengertian SDM adalah  sebuah usaha yang bermanfaat bagi keberlangsungan produksi barang maupun jasa. Sedangkan makna lain dari SDM adalah  sekelompok manusia yang terdiri dari manusia-manusia yang mempunyai kemampuan untuk memberikan sebuah jasa.

  1. Mathis Dan Jackson

Menurut Mathis dan Jackson pengertian dari SDM adalah  sebuah rancangan dari berbagai sistem formal dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang berguna untuk menjaga penggunaan bakat serta minat manusia. Sehingga bakat serta minta tersebut dapat berfungsi untuk mencapai sebuah tujuan perusahaan ataupun organisasi tersebut secara efisien dan efektif.

  1. Hasibuan

Pengertian sdm menurut Hasibuan adalah sekumpulan manusia yang mempunyai sebuah kemampuan yang terpadu dengan pola pikir dan serta daya fisik yang baik. Watak serta perilaku sumber daya manusia berasal dari lingkungan yang mereka tinggali. Sedangkan untuk motivasi dan prestasi kerja berasal dari keinginan diri sendiri.

  1. Gouzali Syadam

Menurut Gouzali Syadam, SDM adalah  sumber utama dalam sebuah proses kegiatan di lingkungan sekitar. Atau dapat diartikan sebagai sekelompok tenaga kerja yang mampu memberikan sebuah daya serta upaya terhadap suatu organisasi ataupun perusahaan.

Fungsi Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia mempunyai fungsi yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan perusahaan ataupun organisasi. Selain fungsi tersebut, berikut adalah beberapa fungsi dari sumber daya manusia yang dapat:

  1. Sebagai Tenaga Ahli

Perlu diketahui bahwa sumber daya manusia atau SDM dapat berfungsi sesuai bidang dan kemampuan masing-masing. Salah satunya adalah sebagai tenaga ahli pada sebuah perusahaan atau sebuah negara. Seorang tenaga ahli sangat berperan penting dalam sebuah perusahaan karena memiliki sebuah keahlian.

  1. Sebagai Tenaga Kerja

Biasanya seorang tenaga kerja juga dapat disebut dengan istilah “Man Power”. Tenaga kerja merupakan seluruh penduduk yang memiliki usia produktif yang siap kerja. Seorang tenaga kerja memiliki sebuah kemampuan untuk memberikan jasa pada setiap satuan waktu yang nantinya dapat menghasilkan sebuah produk berupa barang maupun jasa.

  1. Sebagai Pemimpin

Fungsi sumber daya manusia yang selanjutnya adalah sebagai pemimpin. Pemimpin mempunyai kapasitas yang lebih besar dengan pengalaman dan skill yang mumpuni. Hal tersebut dapat berfungsi sebagai seorang pemimpin bagi suatu perusahaan, golongan, ataupun organisasi.

  1. Sebagai Tenaga Usahawan

Sumber daya manusia yang bisa atau mampu menjadi tenaga usahawan ialah mereka yang melaksanakan atau mengerjakan pekerjaan yang ada kaitannya dengan kemandirian. Pekerjaan tersebut dikerjakan dalam rangka ingin menciptakan sebuah produk baru yang nantinya akan bermanfaat untuk banyak orang.

Itu tadi merupakan beberapa pengertian SDM menurut para ahli dan beberapa fungsi dari SDM. Perlu diketahui bahwa SDM adalah  sekelompok orang yang mempunyai pengaruh besar terhadap perusahaan, dan perusahaan nantinya akan memberikan sebuah tunjangan atau gaji terhadap SDM tersebut. untuk perusahaan yang ingin memudahkan proses penggajian terhadap tenaga kerja, langsung saja gunakan aplikasi Gaji.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *