Home » Slip Gaji Karyawan – Fungsi Bagi Perusahaan Dan Karyawan Serta Komponen

Slip Gaji Karyawan – Fungsi Bagi Perusahaan Dan Karyawan Serta Komponen

Slip gaji yang biasa diberikan pada karyawan merupakan dokumen yang cukup penting dan harus diperhatikan oleh perusahaan. Kedua belah pihak sangat memerlukan dokumen tersebut. Berikut fungsi slip gaji karyawan baik bagi perusahaan, maupun untuk karyawan sendiri serta apa saja komponennya.

Fungsi Bagi Perusahaan

Dalam alur sistem keuangan perusahaan, slip gaji memang sangat penting. Ada bayak fungsi dari dokumen ini tentunya bagi perusahaan. Apa saja fungsi dari slip gaji karyawan bagi perusahaan, simak uraiannya berikut ini :

1. Sebagai Bukti Resmi Yang Ditujukan Untuk Karyawan

Slip gaji ini tentunya dapat memberikan rasa aman saat menyampaikan kewajibannya pada karyawan yaitu dalam hal pemberian gaji. Oleh karena pemberian gaji ini sudah terekam dalam sebuah dokumen resmi. Semua komponen gaji sudah pasti terekam di dalamnya. Baik itu gaji pokok, potongan, tunjangan, dan lainnya. Ini juga merupakan bentuk transparansi perusahaan.

2. Memudahkan Pengelolaan Beban Kerja Para Pimpinan

Slip gaji akan mempermudah pimpinan melakukan perkiraan beban kerja karyawan. Caranya dengan menghitung produktivitas, dengan total gaji serta deskripsi pekerjaan yang dilakukan. Tentu saja hal ini akan meningkatkan produktivitas kinerja karyawan perusahaan.

3. Menjadi Dokumen Penting Untuk Keperluan Audit

Audit yang dilakukan perusahaan dalam kurun waktu tertentu sangat penting diadakan. Hal ini tentu saja untuk mengukur seberapa sehat perusahaan telah berjalan. Dalam audit akan diperiksa semua dokumen yang dapat memberikan gambaran tentang operasional perusahaan. Salah satunya adalah slip gaji ini. Untuk itu pemilik harus selalu mengontrol pemberian slip gaji.

Komponen

Dalam slip gaji tentunya ada komponen-komponen tersendiri. Yang paling umum adalah slip gaji harus ada gaji pokok serta nilai tunjangan karyawan. Namun sebetulnya masih ada lagi selain 2 komponen tersebut. Berikut komponen slip gaji untuk karyawan :

1. Gaji Pokok

Merupakan gaji dasar yang besarnya ditentukan dari jabatan karyawan di suatu perusahaan. Selain itu besaran gaji pokok ini juga ditentukan oleh jenjang karir karena mencerminkan kompetensi dari karyawan itu sendiri.

2. Tunjangan

Bisa dibilang merupakan pelengkap dari gaji pokok yang sifatnya insentif. Macam-macam jenisnya ada tunjangan jabatan, transport, dan lain-lain.

3. Potongan

Sebagai pengurang jumlah gaji yang akan diterima karyawan. Bisa potongan pajak, potongan pinjaman koperasi, potongan premi asuransi, dan lain sebagainya. Pada umumnya potongan ini sifatnya wajib.

4. Lembur

Menurut UU ketenagakerjaan jika waktu kerja melebihi 7 jam sehari atau 40 jam seminggu, karyawan wajib memperoleh uang lembur. Perusahaan juga harus memberikan uang lembur dengan perhitungan yang sesuai aturan yang berlaku.

5. Komisi (Bonus Tahunan)

Komisi ini bisa dikatakan sebagai pendapatan tidak tetap yang biasa dicantumkan dalam slip gaji. Hal tersebut karena pemberian komisi ini ditentukan oleh performa kerja dari karyawan itu sendiri. Tidak semua karyawan mesti menerimanya. Hanya tertentu saja yang sudah memenuhi kualifikasi yang ditentukan perusahaan.

Fungsi Bagi Karyawan Itu Sendiri

Tidak hanya untuk perusahaan, slip gaji juga berguna bagi karyawan. Untuk itu jika perlu simpan baik-baik dokumen ini. Berikut apa saja kegunaan slip gaji bagi karyawan

  • Untuk mengajukan kredit. Slip gaji biasanya menjadi ukuran seberapa mampu karyawan bisa melunasi kredit saat mengajukan cicilan.
  • Sebagai bahan rekomendasi ketika ingin melamar pekerjaan baru. Slip gaji juga kadang dijadikan acuan perusahaan yang akan menerima karyawan baru. Terutama untuk bahan pertimbangan jumlah gaji yang akan diberikan.
  • Karyawan akan memiliki catatan yang jelas. Terutama catatan cuti sakit, maupun pemotongan gaji. Dengan ini karyawan punya catatan yang jelas terkait hak dan kewajibannya.

Itulah seputar slip gaji karyawan, tentang fungsinya bagi perusahaan maupun karyawan sendiri. Kedua belah pihak tersebut memerlukan slip gaji. Untuk itu dokumen ini sangat perlu diperhatikan terutama oleh perusahaan. Kini sudah ada gaji.id yang merupakan aplikasi payroll online yang memudahkan pembuatan slip gaji. Gaji.id akan secara otomatis terintegrasi dengan perhitungan komponen gaji lainnya. Misalnya pemotongan pph 21 atau BPJS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *