Home » Tips Kerja Produktif untuk HRD yang Super Sibuk

Tips Kerja Produktif untuk HRD yang Super Sibuk

Sibuk bukan halangan untuk produktif dalam bekerja. Simak tips produktivitas untuk HRD yang super sibuk berikut ini.

Sebagai HRD, hari-hari Anda pasti dibanjiri dengan tanggung jawab dan deretan tugas yang menumpuk. Dengan tuntutan pekerjaan begitu padat, sangat mungkin bagi seorang HRD untuk merasa kewalahan dan tidak terkendali dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Meski demikian, sibuk bukan berarti Anda tidak bisa produktif dalam bekerja. Apabila Anda membutuhkan cara untuk mengerjakan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien, simak beberapa tips produktivitas bagi HRD yang super sibuk berikut ini.

  • Atur Ruang Kerja

Tips pertama, atur ruang kerja Anda. Meski terdengar sepele, mengatur area kerja sebelum memulai kerja ternyata cukup efektif dalam membantu Anda mengawali hari yang baik. Atau, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk membereskan dan merapikan area kerja sebelum pulang agar  lebih mudah dalam menemukan barang-barang yang Anda butuhkan keesokan harinya.

  • Mulai Hari Lebih Awal

Apabila Anda sering merasa hari Anda terburu-buru, cobalah memulai hari lebih awal, misalnya dengan bangun lebih pagi dari biasanya. Dengan bangun pagi, Anda bisa memulai rutinitas dengan lebih santai dan menyenangkan. Tak hanya itu saja, memulai hari lebih awal juga akan membantu Anda mempersiapkan segala hal yang mungkin terjadi. Bahkan, Anda juga bisa melakukan kegiatan yang tidak biasa Anda lakukan seperti berolahraga pagi.

  • Selesaikan Pekerjaan Satu Per Satu

Tips produktivitas berikutnya, selesaikan pekerjaan satu per satu. Multitasking malah akan membuat Anda lebih sulit untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Sebaiknya, buatlah jadwal dan tentuan skala prioritas dari tugas-tugas yang perlu Anda kerjakan. Dengan cara ini, dijamin waktu Anda akan lebih efektif dan pekerjaan Anda akan lebih cepat terselesaikan.

  • Hindari Hal-Hal yang Dapat Mengganggu Fokus

Beberapa hal yang dapat mengacaukan fokus saat bekerja antara lain seperti media sosial, notifikasi dari ponsel, dan lain sebagainya. Untuk itu, sebaiknya jauhkan ponsel dari jangkauan agar Anda tidak tergoda untuk melihat layar ponsel saat terdengar bunyi notifikasi atau mengecek sosial media.

Apabila Anda perlu mengecek e-mail, cobalah untuk membuat jadwal agar fokus Anda tidak mudah terganggu, misalnya setiap satu jam sekali selama 10 menit, atau setelah satu tugas Anda terselesaikan. Apabila Anda perlu berurusan dengan karyawan atau menangani hal-hal tidak terduga lainnya, Anda juga bisa meluangkan waktu khusus yang tidak mengganggu pekerjaan, misalnya setelah atau sebelum jam makan siang.

  • Luangkan Waktu untuk Istirahat dan Mencari Udara Segar

Terlalu lama duduk dan berkutat dalam pekerjaan kurang baik bagi kesehatan. Luangkan waktu selama beberapa saat untuk pergi dari meja kerja dan mencari udara segar. Selain dapat memberikan waktu istirahat bagi otak, cara sederhana ini juga dapat membantu menyegarkan pikiran sehingga Anda bisa lebih fokus lagi saat kembali bekerja.

  • Gunakan Teknologi yang dapat Membantu Pekerjaan

Tips berikutnya yang juga dapat membantu Anda lebih produktif dalam bekerja adalah dengan memanfaatkan teknologi yang dapat membantu pekerjaan. Salah satunya seperti aplikasi payroll gaji.id.

gaji.id merupakan payroll system berbasis online yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan perhitungan dan pengelolaan gaji karyawan. Bahkan, selain pengelolaan gaji, payroll system ini juga menawarkan fitur lain seperti pengelolaan absensi, cuti, administrasi karyawan dan non karyawan, upah dan insentif, hingga perhitungan BPJS dan PPh21. Untuk info selengkapnya, silahkan kunjungi www.gaji.id.

Jadi, itulah beberapa tips produktivitas yang bisa Anda coba agar bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *