Home » Tips Meningkatkan Profit Perusahaan dengan Payroll System

Tips Meningkatkan Profit Perusahaan dengan Payroll System

Tak hanya memudahkan pengelolaan gaji karyawan, payroll sistem yang digunakan secara maksimal ternyata juga dapat membantu meningkatkan profit perusahaan. Simak tips-tipsnya berikut ini.

Masifnya pemanfaatan teknologi di segala bidang membuat banyak perusahaan mulai melakukan terobosan baru dalam pengelolaan administrasi bisnis, termasuk dalam hal penggajian karyawan. Terlebih lagi, selain dapat membantu pengelolaan payroll yang lebih mudah dan efisien, payroll system yang digunakan secara maksimal juga dapat membantu meningkatkan profit perusahaan.

Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan profit perusahaan dengan payroll sistem.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Setiap perusahaan tentu memiliki kebutuhan masing-masing. Karena itulah payroll system dibutuhkan. Dengan begitu, perusahaan bisa menyampaikan fitur-fitur apa saja yang dibutuhkan melalui masing-masing vendor software payroll.

Sebagai contoh, perusahaan dengan skala yang kecil tentu belum membutuhkan sistem payroll serumit perusahaan besar dengan ratusan atau bahkan ribuan karyawan. Nah, software payroll bisa membantu perusahaan untuk menyediakan dan mengintegrasikan fitur-fitur yang dibutuhkan agar mempermudah kerja tim HRD dalam mengelola karyawan. Jadi, perusahaan bisa menghindari pengeluaran tambahan dan keuntungan yang diperoleh perusahaan juga akan lebih maksimal.

2. Buat Sistem yang Lebih Transparan

Sistem yang transparan akan membuat karyawan lebih percaya kepada perusahaan. Dengan demikian, mereka akan bisa bekerja dengan lebih efisien. Studi yang dilakukan oleh Peter Bambergen dari Tel Aviv University dan Elena Gitter dari Cornell Unersity mengemukakan kolaborasi antara keduanya.

Menurut mereka, karyawan yang saling mengetahui gaji saat membutuhkan bantuan atau sesuatu bisa bertanya ke orang yang tepat. Alhasil, mereka akan lebih cepat mendapat bantuan dan pekerjaan pun bisa segera terselesaikan.

3. Lakukan Audit Secara Berkala

Meski telah menggunakan sistem payroll yang canggih, proses audit tentu tetap harus dilakukan. Namun, jika pengelolaan payroll secara manual membutuhkan waktu audit yang cukup lama, software payroll yang berbasis elektronik memungkinkan Anda untuk melakukan audit dengan cepat dan kapan saja saat dibutuhkan.

Sebagai tim HRD perusahaan, Anda bisa mengetahui berapa jumlah anggaran yang perlu dikeluarkan serta total dana yang telah dikeluarkan. Dengan proses audit bisa dilakukan sewaktu-waktu, Anda pun akan lebih mudah untuk mengetahui dan memperkirakan profit yang diperoleh perusahaan.

3. Hindari Melakukan Perhitungan Secara Manual

Proses audit dan perhitungan gaji karyawan merupakan hal yang cukup riskan. Karenanya, dibutuhkan ketelitian yang tinggi saat menghitungnya. Melakukan perhitungan gaji karyawan secara manual selain membutuhkan waktu yang cukup lama juga rentan terjadi kesalahan.

Bahkan, menurut studi yang dilakukan oleh The American Payroll Association, proses perhitungan gaji secara manual dapat menghabiskan satu sampai delapan persen gaji karyawan. Di samping itu, celah untuk melakukan manipulasi yang dapat merugikan perusahaan juga terbuka lebar. Apabila cara ini terus dilakukan, maka profit perusahaan akan berkurang secara perlahan.

Hal ini tentu berbeda apabila perusahaan menggunakan software payroll. Karena dapat melakukan perhitungan secara otomatis dan terintegrasi dengan sistem-sistem lainnya, tingkat kesalahan yang dihasilkan software payroll tentu akan sangat minim. Dengan begitu, tim HRD bisa bekerja lebih efisien dan perusahaan bisa lebih menghemat pengeluaran. Alhasil, profit perusahaan pun akan meningkat.

Itulah beberapa tips meningkatkan profit perusahaan dengan payroll system. Adapun salah satu software payroll yang bisa membantu Anda dalam mengelola gaji karyawan adalah gaji.id. Dengan aplikasi gaji.id, HRD bisa mengelola karyawan dengan lebih mudah tanpa batasan waktu dan tempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *