Home » Tips Menjadi Leader Yang Baik

Tips Menjadi Leader Yang Baik

Semua orang bisa menjadi karyawan dengan baik. Asal mau mengikuti arahan dari pemimpin yang dimiliki dan bekerja dengan dedikasi tinggi, mereka bisa sukses dan ikut membawa perusahaan menjadi lebih baik.

Berkebalikan dengan karyawan, menjadi seorang pemimpin yang baik itu susah. Kalau kepemimpinannya tidak benar, dia bisa tidak disukai oleh karyawan. Selain itu kalau pemimpin salah memberi arahan bisa saja merugikan perusahaan dan semua orang.

Nah, kalau Anda ingin menjadi pemimpin yang baik dan kemampuan leadership bisa bermanfaat untuk semua orang, simak 7 cara di bawah ini, 7 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dan Dihormati oleh Karyawannya :

  1. Perhatian dengan Karyawan

Selama ini pemimpin dari perusahaan sering berada di ruangannya sendiri dan bekerja dengan menyuruh bawahannya. Apa yang dilakukan oleh pemimpin ini memang tidak salah, tapi koneksi atau relasi dengan karyawan lain tidak akan terbentuk.

Kalau ingin lebih dihargai dan dihormati, jalin komunikasi dengan baik. Sering-seringlah berkeliling untuk menanyakan apa yang terjadi dan masalah apa saja yang susah diselesaikan.

  1. Memberi Contoh dengan Baik

Beri contoh yang baik pada karyawan. Kalau ingin mereka selalu tepat waktu saat datang, beri contoh juga. Kalau Anda sering telat saat datang ke kantor, karyawan juga akan menirunya juga.

Selanjutnya saat menyuruh menyelesaikan pekerjaan, beri contoh juga agar mereka paham. Jangan lepaskan semua pekerjaan pada karyawan. Kalau berjalan lancar mungkin tidak masalah, tapi kalau sampai menimbulkan masalah Anda juga yang akan rugi.

  1. Tidak Susah Memberi Penghargaan

Jangan sungkan untuk memberikan penghargaan pada karyawan yang berprestasi. Misal mereka bisa melakukan pekerjaan lebih baik dari yang Anda lakukan beri penghargaan. Anda tidak perlu selalu memberi uang, dengan pujian langsung saja mereka akan senang.

Kalau Anda ingin memberikan yang lebih untuk karyawan, buat saja mekanisme bonus. Misal yang bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik pada periode tertentu dapat uang tunai atau liburan gratis.

  1. Bisa Menyelesaikan Masalah dengan Bijak

Ada kalanya masalah yang cukup besar muncul di kantor atau perusahaan. Kondisi ini membuat suasana di kantor jadi tidak enak. Untuk mengatasi hal ini pemimpin  harus mampu mengumpulkan semua karyawan untuk mau diajak diskusi.

Dengan melakukan diskusi ini, asal dari masalah bisa diketahui dengan baik. Selanjutnya, penyelesaian bisa dibuat atas persetujuan semau orang. Kalau Anda hanya diam atau menyelesaikannya sendiri, bisa saja masalahnya jadi membesar.

  1. Membentuk Tim yang Baik

Pekerja adalah manusia yang memiliki emosi dan perasaan. Karena dua hal ini pekerja kerap mengalami perselisihan satu dengan yang lain. Akibat perselisihan ini pekerja sering saling tidak menyapa dan kondisi kantor jadi penuh ketegangan.

Mengatasi permasalahan seperti ini pemimpin harus mampu mendinginkan mereka. Dengan bijak, pemimpin harus memberikan solusi terbaik agar tim yang baik tetap terbentuk.

  1. Percaya Diri yang Tinggi

Maksud dari percaya diri yang tinggi ini bukan menjadi seorang yang terlalu gaya agar dihormati oleh bawahannya. Namun, orang yang memiliki jiwa leadership tinggi sehingga apa saja yang diputuskan sudah melalui pemikiran yang matang dan terarah.

  1. Mau Diberi Masukan

Seorang pemimpin bukanlah mereka yang selalu benar. Seorang pemimpin adalah mereka yang mau menerima masukan agar bisa introspeksi diri dan melakukan pekerjaan dengan baik. Jadilah pemimpin yang selalu belajar dari siapa saja termasuk dengan mereka yang menempati posisi terbawah di kantor.

Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda menjadi pemimpin yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *