Home » Tugas Departemen HRD Perusahaan

Tugas Departemen HRD Perusahaan

Departemen HRD (Human Resources Development) atau biasa disebut bagian SDM merupakan suatu bagian perusahaan yang tugasnya cukup kompleks.  Bahkan, bisa dibilang departemen tersebut merupakan kunci kesuksesan perusahaan. Berikut tugas HRD atau departemen sumber daya manusia (SDM) pada sebuah perusahaan :

1. Membuat Aturan Dan Kebijakan

Sudah menjadi tugas SDM yaitu untuk melakukan tindakan dan pengumpulan segala informasi. Mereka pun berkewajiban untuk menentukan solusi semua permasalahan yang ada pada perusahaan. Salah satu bagian perusahaan ini juga berperan dalam staffing, melakukan evaluasi kinerja karyawan, melakukan PHK, serta membuat program pelatihan karyawan.

Terkait itu semua dapat diambil kesimpulan tentang salah satu tugas departemen sumber daya manusia. Yaitu untuk membantu para manajer mengambil keputusan maupun pembuatan kebijakan perusahaan.

2. Mengelola Serta Mengembangkan Sumber Daya Manusia

Tugas departemen SDM, sudah pasti erat kaitannya dengan pengelolaan serta pengembangan sumber daya manusia di perusahaan tersebut. Termasuk di dalamnya untuk merencanakan, melaksanakan, pengawasan, serta pengembangan kualitas SDM. Salah satunya dengan membuat program pelatihan karyawan baik yang sudah lama maupun masih baru.

Selain itu, tugas lainnya yaitu memperkirakan berapa kebutuhan karyawan yang sedang diperlukan oleh perusahaan. Termasuk melakukan evaluasi terkait efektivitas semua program yang telah dibuat.

3. Membuat Sistem Kerja Yang Efektif Dan Efisien

Dalam sebuah perusahaan perlu adanya SOP yang jelas. SOP yang jelas akan membuat karyawan lebih dapat bekerja sesuai target atau tujuan yang direncanakan. Departemen sumber daya manusia yang berperan dalam pembuatan SOP ini.

Dalam pembuatan SOP, termasuk di dalamnya yaitu posisi pekerjaan, job desk, training pendukung posisi tersebut juga sistem pengembangan. SOP harus dibuat seefektif dan seefisien mungkin, agar perusahaan berjalan dengan baik dan mencapai tujuan.

4. Berperan Aktif Dalam Proses Rekruitmen Karyawan

Pihak SDM juga sangat berperan dalam mencari karyawan yang tepat dan sesuai standart perusahaan. Semua tahapan rekruitmen karyawan dilakukan oleh departemen ini. Mulai dari mencari calon, pemanggilan untuk interview, tahap wawancara, hingga proses seleksi.

Semua tahapan tersebut harus dikerjakan dengan serius dan benar. Sehingga akan didapatkan karyawan dengan standart yang diinginkan perusahaan.

5. Melakukan Promosi Pada Karyawan Yang Dianggap Perlu

Bagian HRD atau SDM juga sangat berwenang untuk melakukan promosi pada seorang karyawan yang dianggap berprestasi. Namun dalam proses promosi ini tentunya harus dilakukan dengan adil dan profesional. Promosi juga harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dalam hal ini departemen SDM harus menentukan posisi promosi seorang karyawan sesuai keahliannya.

Jadi tidak akan malah mengacaukan operasional perusahaan. Tidak hanya itu, proses selanjutnya departemen tersebut juga diwajibkan membuat laporan rekapitulasi. Laporan tersebut bisa terkait promosi tersebut atau lainnya. Misalnya mutasi serta bila ada penambahan status karyawan (resign, menikah, tambahan anak).

6. Melakukan Pembinaan Dan Pelatihan Karyawan

Departemen SDM  berperan dalam memberikan pelatihan serta pembinaan terhadap seluruh karyawan. Termasuk kegiatan-kegiatan yang dapat membantu pengembangan kemampuan karyawan. Selain itu, pelatihan yang akan dilakukan juga diharapkan mampu menggali lebih banyak potensi, serta ketrampilan dan pengetahuan karyawan. Pelatihan dan pembinaan ini akan membentuk karakter karyawan yang sesuai dengan standart perusahaan.

7. Melakukan Absensi, Serta Bertanggung Jawab Pada Perhitungan Gaji, Bonus, Dan Tunjangan

HRD juga sangat berperan dalam hal ini. Tugas ini meliputi menginput data karyawan pada sistem agar semua dapat terdata dengan baik. Di dalam proses ini juga turut dilakukan proses penggajian, perhitungan bonus, dan tunjangan untuk karyawan. Departemen ini juga bertanggung jawab untuk mengontrol struktur gaji karyawan. Selain itu departemen SDM juga terus melakukan pemantauan absensi karyawan.

Itulah beberapa tugas HRD yang memang cukup kompleks. Untuk tugas nomor 7, setidaknya kini sudah ada aplikasi penunjang yang dapat membantu meringankan tugas mereka. Bernama gaji.id merupakan aplikasi payroll online yang mudah dijalankan.

Dengan bantuan aplikasi tersebut tugas penggajian termasuk monitoring absensi karyawan bisa dihandle dengan lebih ringan. Sisa waktu kerja bisa dipakai untuk mengerjakan tugas yang lain. Kunjungi websitenya untuk keterangan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *