Home » Wajib Tahu, Begini 5 Karakteristik Leadership yang Visioner

Wajib Tahu, Begini 5 Karakteristik Leadership yang Visioner

Siapa tak kenal Steve Jobs? Pendiri Apple ini dikenal sebagai seorang pemimpin yang visioner alias punya pandangan jauh ke depan. Tak hanya selalu beberapa langkah lebih cepat, ia juga sukses memformulasikan dan mengeksekusi langkah-langkah nyata untuk membawa Apple menjadi perusahaan terkemuka dunia. Siapa pun bisa melihat keinginan kuat, passion, dan visi Steve Jobs. Pada akhirnya, hal tersebut menginspirasi banyak orang untuk berani mengejar dan mewujudkan impian.

Ada banyak pemimpin dunia yang memiliki karakteristik leadership yang visioner. Namun, sosok demikian bukan berarti langka. Semua pemimpin bisa menjadi seseorang yang visioner, termasuk Anda tentu saja. Setiap orang punya potensi tersebut, tinggal bagaimana menggali potensi itu dari dalam diri.

Karakteristik Pemimpin Visioner

Visioner dan kepemimpinan sebetulnya dua hal terpisah. Anda bisa menjadi seorang yang berpandangan jauh ke depan tanpa perlu bertindak sebagai pemimpin. Misalnya, selalu mempunyai gagasan-gagasan unik dan menarik. Anda pun dapat berperan sebagai pemimpin dan membawa sekelompok orang untuk bekerja sama mencapai satu tujuan, tanpa harus memiliki pandangan untuk mengubah atau menciptakan sesuatu.

Ya, Anda bisa pilih satu, menjadi seorang yang visioner atau seorang pemimpin yang cukup oke. Namun, gabungan kedua kemampuan itu jelas dapat membawa perusahaan Anda menuju arah yang lebih positif. Bayangkan jika Anda punya kemampuan untuk melihat potensi perubahan dalam jangka panjang digabungkan dengan kemampuan untuk memimpin orang lain. Maka, menjadi pemimpin visioner bukan lagi sebatas wacana.

Di sisi lain, pemimpin demikian bukanlah seseorang yang bertindak otoriter atau diktator. Ia tidak perlu mengendalikan bawahannya. Justru, ia memberikan kebebasan pada mereka untuk mencari jalan terbaik guna mewujudkan visinya. Lalu, sang pemimpin akan mengajak mereka berkolaborasi menciptakan sesuatu yang baru dan berinovasi, hingga organisasi tersebut dapat mencapai tujuan akhir yang dicita-citakan.

Apabila Anda sedang berusaha berperan sebagai seorang yang demikian, ketahui 5 karakteristik leadership yang visioner berikut ini.  

1. Menginspirasi

Seorang pemimpin yang visioner harus mampu menggugah emosi orang lain. Ia mampu menyalakan passion mereka, sehingga bergerak ke arah yang positif untuk mengeluarkan kemampuan terbaik yang dimiliki setiap orang. Dengan kata lain, apa yang dilakukannya mampu menginspirasi orang lain untuk mau berusaha lebih dan mengerahkan seluruh kemampuan yang dipunyai.

2. Punya kecerdasan emosi yang baik

Untuk terus menginspirasi secara konsisten, seorang pemimpin juga harus mampu mengelola emosi diri dengan baik dan mampu berempati. Dengan menyadari dan memahami perasaan orang lain, ia mampu terkoneksi dengan perasaan setiap anggota timnya dan terus menginspirasi mereka untuk bekerja optimal.

3. Berpikiran terbuka

Seorang visioner boleh jadi punya gambaran besar dalam pikirannya, tetapi ia sangat terbuka pada semua informasi dan perspektif baru terkait cara mewujudkan cita-cita tersebut. Cara berpikir yang fleksibel ini membuat mereka mampu mengelola berbagai situasi sulit dengan menemukan solusi kreatif untuk mengatasi suatu permasalahan.

4. Imajinatif

Pemimpin yang berpandangan jauh ke depan punya pemikiran imajinatif. Ia sangat menghargai imajinasi dan mendorong diri untuk terus bermimpi. Itulah mengapa ia juga mendukung orang lain untuk punya mimpi sendiri. Bagi dirinya, mimpi itu ada untuk dibuat menjadi nyata.

5. Bersikap optimis

Bersikap optimis adalah karakteristik terpenting dari pemimpin visioner. Ia punya harapan apa yang dilakukan saat ini akan meraih sukses. Setiap masalah yang muncul dipandang sesuatu yang bersifat sementara dan hanya berlangsung saat ini, bukan sesuatu yang menetap dan tidak bisa diubah. Lebih menarik lagi, optimisme ini menular ke seluruh organisasi, sehingga menjadi penguat kala berbenturan dengan masalah.

Mana dari 5 karakteristik leadership yang visioner di atas yang sudah Anda miliki? Ayo, terus dorong diri untuk mengembangkan berbagai kemampuan, sehingga Anda mampu menjadi seorang pemimpin yang berpandangan jauh ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *