Home » Yuk, Pahami Kalau Fungsi Manajemen SDM Adalah Untuk Memajukan Perusahaan

Yuk, Pahami Kalau Fungsi Manajemen SDM Adalah Untuk Memajukan Perusahaan

Sumber daya manusia atau SDM adalah ujung tombak kemajuan suatu perusahaan. Pasalnya, kemajuan dan perkembangan perusahaan tidak hanya bersifat fisik tetapi juga harus meliputi SDM yang dimiliki. Mengembangkan SDM yang terlibat langsung dalam aktivitas perusahaan memiliki peranan yang penting.

Pengembangan SDM dengan manajemen yang bagus nantinya akan menghasilkan SDM yang berkualitas. Dengan begitu, peluang perusahaan untuk maju dan berkembang menjadi lebih besar. Hal ini berdasar pada pengertian SDM sendiri, yaitu suatu kelompok atau individu yang bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan.

10 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen SDM begitu penting dijalankan agar perusahaan dan karyawannya sejahtera. Biasanya, terdapat departemen sendiri untuk menjalankan fungsi manajemen ini, misalnya human resources department atau HRD atau divisi sumber daya manusia. HRD ini kemudian akan menjalankan beragam fungsi manajemen SDM, fungsi tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Perencanaan

Perencanaan dinilai penting untuk dijalankan karena menjadi dasar untuk mencari karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tanpa perencanaan yang matang, ditakutkan akan mendapatkan karyawan yang tidak sesuai visi misi perusahaan. Hal tersebut dapat berakibat pada tidak tercapainya tujuan perusahaan.

2. Pengorganisasian

Hasil dari perencanaan kemudian menghasilkan beberapa keputusan yang akan dijadikan dasar sebagai pembentuk organisasi. Fungsi pengorganisasian adalah membentuk organisasi atau susunan jabatan. Di sinilah terbentuk hubungan antar jabatan, personel, dan faktor fisik lainnya.

3. Pengarahan

Selanjutnya, dibutuhkan pemberian arahan atau petunjuk yang mengajak karyawan untuk melakukan pekerjaan yang telah dimandatkan. Fungsi ini penting dilakukan agar karyawan bekerja sesuai jabatannya secara efektif dan efisien.

4. Pengendalian

Fungsi pengendalian adalah dimana karyawan diawasi apakah mengerjakan pekerjaan sesuai dengan tujuan dan target yang ditetapkan atau tidak. Jika terdapat penyimpangan, maka dilakukan koreksi dan solusi atas penyimpangan tersebut.

5. Pengadaan

Pengadaan atau procurement adalah proses seleksi dimana ditentukan jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Selain itu juga dilakukan proses seleksi dan penempatan karyawan sesuai jabatan.

6. Pengembangan

Untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan dibutuhkan SDM dengan keahlian yang terus meningkat. Keahlian yang dimaksud adalah bukan hanya keahlian teknis tetapi juga keahlian teoritis, konseptual, dan moral karyawan. Cara untuk meningkatkannya yaitu dengan mengadakan pelatihan dan pendidikan secara berkala. Pelatihan wajib dilakukan pada semua karyawan, baik karyawan baru maupun lama.

7. Kompensasi

Fungsi kompensasi yaitu memberikan uang yang cukup dan wajar pada karyawan atas pekerjaannya yang telah dilakukan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Kompensasi biasanya diberikan dalam bentuk gaji, dan tunjangan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

8. Penyatuan

Penyatuan digunakan untuk menyelaraskan kepentingan perusahaan dengan kebutuhan karyawan. Fungsi ini diharapkan dapat menciptakan kerja sama yang baik, antara pihak perusahaan dengan pihak karyawan demi mencapai tujuan perusahaan.

9. Pemeliharaan

Fungsi pemeliharaan merupakan fungsi yang penting dilakukan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi karyawan. Kondisi yang dimaksud tidak hanya kondisi fisik, tetapi juga mental dan loyalitas karyawan agar tetap bekerja di perusahaan dengan nyaman dan dalam waktu yang lama.

10. Pelepasan

Selain menerima karyawan, fungsi lain dari manajemen SDM adalah pelepasan atau pensiun. Dengan kata lain, manajemen SDM melakukan pemutusan hubungan kerja karyawan atas perusahaan. Dengan putusnya hubungan keduanya, berarti tidak ada lagi hak dan kewajiban antara karyawan dan perusahaan.

Itulah 10 fungsi manajemen SDM agar mencapai tujuan perusahaan. Semuanya wajib dilaksanakan dengan baik karena SDM adalah salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan dan kemajuan perusahaan. Untuk mengelola karyawan, dapat menggunakan aplikasi dari Gaji.id. Aplikasi tersebut dapat memudahkan divisi manajemen SDM untuk melakukan beragam pekerjaan yang berhubungan dengan pengadministrasian karyawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *